Notification

×

Iklan

Tekan Angka Stunting, Tanah Datar Peroleh DAK Rp5,7 Miliar

Senin, 20 Maret 2023 | 20:00 WIB Last Updated 2023-03-20T13:00:00Z

Bupati Tanah Datar, Eka Putra, terima DAK Rp5,7 Miliar dari BKKBN Perwakilan Sumbar.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Keberhasilan Pemkab Tanah Datar menekan angka prevalensi stunting memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp5,7 miliar dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI perwakilan Sumbar.

Dana diserahkan Kepala BKKBN perwakilan Sumbar Fatmawati kepada Bupati Eka Putra, Senin (20/3/2023) di gedung Indojolito Batusangkar.

Fatmawati mengatakan penyerahan DAK tersebut merupakan bentuk apresiasi atas capaian Kabupaten Tanah Datar dalam menangani kasus stunting.

"Kabupaten Tanah Datar termasuk dalam pencapaian penurunan angka stunting terbesar di Sumatera Barat. Untuk itu, BKKBN mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar atas pencapaian tersebut," ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengapresiasi atas terpilihnya Kabupaten Tanah Datar menjadi salah satu kabupaten terbaik dalam pelaksanaan audit kasus stunting dari empat kabupaten yang terpilih secara nasional pada 2022. 

Berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022, sudah dipublis oleh Menteri Kesehatan pada 25 Januari 2023 lalu, angka prevalensi Stunting di Sumbar, mengalami kenaikan sebesar 1,9 persen dari posisi 23,3 menjadi 25,2 persen. 

Terbalik dengan data yang ada di Kabupaten Tanah Datar, dari hasil SSGI dari angka 21,5 persen pada tahun 2022 menjadi angka 18,9 persen pada awal tahun 2023. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa terhadap program stunting. 

Sementara itu, Bupati Eka Putra mengapresiasi seluruh OPD terkait yang telah berhasil dalam upaya penurunan angka stunting di daerah itu. Bahkan Kabupaten Tanah Datar masuk dalam empat kabupaten yang terpilih secara nasional pada tahun 2022. 

Eka Putra menegaskan target yang akan dicapai Kabupaten Tanah Datar dalam penurunan angka stunting pada tahun 2024 adalah 10 persen.  

Eka Putra berharap dengan bekerja sama di seluruh lini, Ia yakin Kabupaten Tanah Datar bisa menjadi yang terbaik bukan hanya di Sumatera Barat akan tetapi juga di tingkat nasional. (farid)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update