Notification

×

Iklan

Sawahlunto Terima Penghargaan UHC Award dari Wapres Ma'aruf Amin

Selasa, 14 Maret 2023 | 18:22 WIB Last Updated 2023-03-14T11:22:31Z

Wakil Presiden, Ma,aruf Amin, didampingi para menteri.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Dinilai sukses mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebanyak 22 provinsi, 334 kabupaten dan Kota di Indonesia menerima penghargaan dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Penghargaan UHC tersebut juga diterima Kota Sawahlunto dari Wapres Ma’ruf Amin, Selasa (14/03), di Balai Sudirman Jakarta.

Penyerahan penghargaan ini, juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, serta Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional. 

Wapres mengapresiasi komitmen Pemda dalam mencapai UHC di setiap daerah, khususnya dalam melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

Dalam Inpres Nomor 1 tahun 2022, salah satu instruksi presiden kepada gubernur dan bupati/walikota adalah mendorong target RPJMN. 

Target tersebut yaitu 98% penduduk Indonesia terlindungi kesehatannya melalui program JKN-KIS pada tahun 2024, dengan mengalokasikan anggaran dan pembayaran iuran serta bantuan iuran penduduk yang didaftarkan oleh pemerintah daerah. 

Sampai dengan 1 Maret 2023 jumlah penduduk Indonesia yang sudah dijamin akses layanan kesehatan melalui Program JKN-KIS sebanyak 252,1 juta jiwa atau lebih dari 90% dari seluruh penduduk Indonesia.

Terhitung sejak 2018 hingga 2023, sebanyak 67.127 jiwa penduduk per awal Maret 2023 telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 67.344 jiwa atau sebesar 99,68%. 

Artinya, hampir seluruh warga masyarakat di Kota Sawahlunto telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

Walikota Sawahlunto Deri Asta juga mengungkapkan ikut rasa bangganya atas pencapaian UHC di daerahnya. 

Deri Asta mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas penerimaan penghargaan ini, karena atas kerja sama seluruh pemangku kepentingan Pemkot Sawahlunto yang telah bekerja keras agar masyarakat Kota Sawahlunto bisa terjamin ke dalam Program JKN. 

Dengan telah tercapainya UHC di Kota Sawahlunto maka fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam pelayanan. Ke depan kita akan terus memastikan seluruh penduduk Kota Sawahlunto tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui program JKN-KIS, papar Deri Asta. (ris1)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update