Notification

×

Iklan

Satu Jorong Satu Rumah Tahfidz, Pemkab Solsel Bina 113 Guru Tahfidz

Selasa, 21 Maret 2023 | 09:16 WIB Last Updated 2023-03-21T02:16:13Z

Guru tahfidz ikuti pembinaa.

Padang Aro, Rakyatterkini.com - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan berkomitmen melakukan pembinaan terhadap guru tahfidz.

Kegiatan ini adalah upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Solok Selatan, untuk mewujudkan Program Unggulan (Progul) Satu Jorong Satu Rumah Tahfidz.

Sebanyak 113 guru tahfidz se-Solok Selatan dibina dan diberikan pembekalan, yang dibagi menjadi 4 kelompok pelatihan. 

Kegiatan telah masuk gelombang kedua, setelah tahun lalu pemerintah daerah juga telah melakukan pembinaan kepada 65 orang guru tahfidz.

Bupati Solok Selatan, Khairunas mengatakan kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk menciptakan generasi Solok Selatan berahklak, tidak hanya sebagai penghafal Alquran, namun juga mampu mempraktekan ilmu lainnya di tengah masyarakat seperti sholat jenazah, ceramah, adzan dan mengaji.

Saat ini Pemkab Solsel memiliki 274 rumah tahfidz binaan dan sebanyak 105 rumah tahfidz mandiri. Dari 379 jorong yang memiliki rumah tahfidz, 178 jorong telah dilatih dan masih ada 96 jorong yang akan dilakukan pembinaan. 

Dengan dorongan pemerintah, bupati juga berharap akan tumbuh rumah-rumah tahfidz mandiri lainnya di Solok Selatan. 

"Besar harapan akan lahir rumah tahfidz mandiri lainnya di seluruh pelosok Solok Selatan," kata Khairunas, Senin (20/3/2023).

Terkait dukungan moril dan materil buat guru tahfidz, Khairunas memerintahkan OPD terkait melakukan pendataan dan memberikan BPJS kesehatan dan jaminan keselamatan bekerja.

Selain itu terkait regulasi pemberian honorarium kepada guru tahfidz, untuk segera diselesaikan peraturan bupatinya. 

Di kesempatan yang sama juga diserahkan sebanyak 113 Alquran kepada peserta pelatihan.

Pembinaan dilakukan selama dua hari ke depan dan peserta juga akan mendapatkan sertifikat pelatihan. (alwis)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update