Notification

×

Iklan

Rehap Jalan Padang-Painan-Kambang Minim Rambu-rambu, Pengendara Motor Jadi Korban

Rabu, 22 Maret 2023 | 14:13 WIB Last Updated 2023-03-22T07:13:37Z

REHAP JALAN - Jalan Padang-Painan-Kambang direhap, tapi minim rambu-rambu. | Foto rakyatterkini/baron

Painan, Rakyatterkini.com – Rehab jalan nasional paket Padang-Painan-Kambang di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat 'makan' korban. 

Salah seorang pengendara, Defri Putra (45) mengaku, akibat tidak adanya rambu-rambu pengerjaan jalan, dirinya mengalami kecelakaan tunggal bersama anaknya.

Peristiwa kecelakaan ini terjadi di sekitar pengerjaan rehab jalan di kawasan Nagari Taluak, Kecamatan Batang Kapas, Selasa 21 Maret 2023 pagi.

"Ya, karena saya tidak tahu kondisi jalan, jadi rem mendadak dan bannya slip dan terjatuh," ungkap Defri Putra saat ditemui awak media di lapangan. 

Ia mengaku, saat itu tidak mengetahui kondisi jalan karena tidak adanya rambu-rambu di sekitar pengerjaan ruas jalan. 

Tidak jelas (rambu-rambu), jadi rem mendadak. Karena jalan masih banyak kerikil yang sangat tajam," jelasnya. 

Meski mengalami kecelakaan, Defri Putra mengaku, luka kecelakaan yang dialami tidak parah. Hanya saja, anaknya mengalami gores di bagian kening dan terkilir di bagian tangan. 

"Betul ada gores, tidak parah," terangnya. 

Terpisah, PPK II Titik III, Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah II, Nova Herianto saat dikonfirmasi mengaku, bakal segera menindaklanjuti.

Pihaknya mengaku, bakal memberikan teguran dan mengevaluasi penyedia jasa (kontraktor) dalam pelaksanaan jalan tersebut.

"Saya akan lakukan teguran, evaluasi terhadap penyedia jasa dalam proses pelaksanaan jalan ini. Kalau dirasa masih minim, kurang rambu-rambu yang diberikan," tegasnya. 

Ia menyebutkan, dalam pengerjaan jalan, penyedia jasa jalan harus memperhatikan dan memasang rambu-rambu dalam pengerjaan jalan. 

Jadi artinya, kepastian dari pengguna jalan ini, segera melihat. Karena sifat rambu-rambu memperingatkan, ujarnya.

Sementara itu, ketika ditanya soal tanggungjawab pihak kontraktor kepada korban, Nova mengaku tidak mengetahui ketentuannya. 

Hanya saja, ia mengaku, jika ada kekurangan dan kelalaian pihak penyedia jasa dalam memasang rambu-rambu, makan akan dievaluasi dan diperbaiki.

Diketahui paket rehabilitas jalan Padang-Painan-Kambang dilaksanakan PT Sadewa Karya Tama bersama tiga rekanan konsultan pengawas PT Aria Jasa Reksatama, KSO PT Krida Pratama Adhicipta dan PT Garis Putra Sejajar dengan nilai kontrak Rp7,1 miliar. (baron)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update