Notification

×

Iklan

KPU Pasaman Evaluasi Tahapan Penyusunan Dapil

Rabu, 22 Maret 2023 | 19:28 WIB Last Updated 2023-03-22T12:28:04Z

SOSIALISASI - KPU Pasaman adakan sosialisasi dan evaluasi.

Pasaman, Rakyatterkini.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman menggelar sosialisasi di aula Arumas Hotel Sari Rasa, Lubuksikaping, Selasa (21/3/2023).

Acara ini bertemakan sosialisasi dan evaluasi tahapan penyusunan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten Pasaman dalam Pemilu tahun 2024 mendatang.

Ketua KPU Pasaman, diwakili Ajriaman mengatakan acara ini merupakan bukti keseriusan KPU dalam melaksanakan setiap tahapan pemilu. Hingga hari ini, KPU telah 100% melaksanakan pencoklitan.

Ajriaman mengatakan dalam pemuktahiran data pemilih ini, masyarakat diharapkan tidak ada lagi yang belum terdaftar. "Kami berharap peran aktif partai politik untuk turut serta meneruskan sosialisasi ini ketengah masyarakat, sebagai upaya membantu menyukseskan pemilu 2024 nanti," ucapnya.

Komisioner KPU ini juga mengatakan agenda ini diselenggarakan guna evaluasi terhadap tahapan-tahapan yang telah dilakukan dan diharapkan partai politik berperan aktif dalam proses ini.

Sementara itu, Juli Yusran, Komisioner KPU Divisi Tekhnis menambahkan akan merancang usulan-usulan, akan tetapi KPU RI lah yang menetapkan.

Juli menjelaskan ada tujuh prinsip dalam penyusunan Dapil, 1. kesetaraan nilai suara, 2. Ketaatan dalam sistem pemilu yang proporsional, 3. Proposionalitas, 4. Integralitas wilayah, 5. Berada dalam cakupan wilayah yang sama, 6. Kohesivitas, 7. Kesinambungan.

Pada Pemilu 2024 mendatang, Kabupaten Pasaman memiliki total 35 kursi yang terbagi dalam 5 daerah pemilihan, imbuhnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala  Badan Kesbangpol Pasaman, Bawaslu Pasaman, Pengurus Partai Politik dan sejumlah awak media. (St.M)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update