Notification

×

Iklan

Rakor Pengendalian Inflasi, Wakil Bupati Agam Pastikan Kebutuhan Pangan Aman dan Stabil

Senin, 20 Maret 2023 | 16:35 WIB Last Updated 2023-03-20T09:35:32Z

Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, saat rakor virtual dengan Kemendagri.

Lubuk Basung, Rakyatterkini.com - Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, ikuti rapat koordinasi pengendalian inflasi bersama Kemendagri RI secara virtual, Senin (20/3/2023).

Rakor dipimpin Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri RI Komjen Tomsi Tohir Balaw.

Tomsi Tohir mengatakan, rakor pengendalian inflasi yang dilaksanakan fokus membahas stabilitas harga barang kebutuhan pokok menjelang puasa dan lebaran 2023.

Ia meminta, kementerian dan lembaga untuk fokus memberikan jalan keluar bagi daerah yang mengalami kenaikan harga dan kekurangan.

Disebutkan, menjelang Ramadan 1444 Hijriah pemerintah daerah harus bisa mengontrol ketersediaan sejumlah komoditas pangan di pasar.

Prognosis kekurangan pangan menuju Ramadan 1444 H masih banyak di sejumlah daerah, seperti beras di 40 daerah, telur ayam ras di 71 daerah, dan tertinggi minyak goreng di 82 daerah di Indonesia.

Pemerintah daerah diminta melakukan sembilan langkah pengendalian inflasi, membangun kekompakan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), dan pemaksimalan Satgas Pangan.

Sementara itu, Badan Pangan Nasional, melalui Deputi bidang kerawanan pangan, Nyoto Suwignyo menjelaskan, beberapa harga komoditas pangan di sejumlah wilayah di Indonesia masih tercatat tinggi.

Untuk itu ia meminta agar pemerintah daerah dapat melakukan sejumlah upaya dalam memastikan ketersediaan pangan, seperti melakukan monitoring dalam penyaluran minyak goreng subsidi di setiap distributor yang ada di daerah.

Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, mengatakan untuk Kabupaten Agam harga dan ketersediaan komoditas pangan untuk bulan Ramadan dan lebaran nanti terbilang masih stabil.

Ia menambahkan, walaupun dari hasil survey masih terbilang aman dan stabil, namun antisipasi terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Agam.

Salah satu cara untuk mengantisipasi jika terjadinya kenaikan harga dan kekurangan tersebut, akan melakukan operasi pasar, dan terus memonitoring harga di pasar.

Dia berharap kebutuhan pangan tetap aman, karena tingginya kebutuhan pada bulan Ramadan dibandingkan bulan-bulan biasanya. (vn)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update