Notification

×

Iklan

Menyikapi Fenomena Sosial di Pdg.Pariaman, Bupati Sentil Sikap Egois Kepala Perangkat Daerah

Senin, 06 Maret 2023 | 18:06 WIB Last Updated 2023-03-06T11:06:43Z

Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, saat memimpin apel ASN.

Pdg.Pariaman, Rakyatterkini.com - Menyikapi fenomena sosial dan beberapa kejadian buruk di tengah masyarakat, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengkritik dan mengevaluasi beberapa kinerja kepala perangkat daerah. 

Dia menyebut, fenomena yang terjadi akibat kurangnya peran aparat pemerintah dalam memberikan edukasi dan pembinaan kepada masyarakat.

Pernyataan tersebut, disampaikan Suhatri Bur saat memimpin apel gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Senin (6/3/2023).

Suhatri Bur menyebutkan, karena degradasi moral terjadi di tengah-tengah masyarakat, sehingga biasa saja terjadinya pembunuhan dan hilangnya nyawa karena persoalan sepele. 

Apalagi di kalangan remaja dan generasi muda. Inilah yang dikwatirkannya, generasi yang los kontrol dan kurang pengawasan tentu akan mengalami kondisi yang lebih parah.

Ia menegaskan, perangkat daerah harus menindak pelanggaran yang terjadi di tengah masyarakat, terkait aturan keramaian dan batasan kegiatan masyarakat apalagi malam hari.

Bupati juga menyentil sikap egois beberapa kepala perangkat daerah, sehingga berdampak kepada peningkatan kinerja yang kurang baik. 

Dia menegaskan, agar seluruh kepala perangkat daerah itu saling berkomunikasi dan bersinergi menjalankan program-program kemasyarakatan.

"Seluruh kepala perangkat daerah agar saling berkomunikasi dan bersinergi dalam menjalankan program-program kemasyarakatan. Pemerintah daerah telah mengeluarkan Perda dan Perbupnya juga mengatur tentang itu. Jangan terkesan kita melakukan pembiaran," tegasnya.

Menurutnya, OPD apabila berjalan sendiri tentu akan sulit merealisasikan kegiatan, makanya harus ada sinergi antar OPD dan hilangkan ego sektoral yang sering jadi penghambat. 

Bahkan berikan support kepada organisasi ataupun lembaga yang sejalan dengan pemda dalam memberantas degrasi moral tersebut, selama tidak melanggar regulasi kita akan dukung.

Kemudian, dalam upaya mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA), Suhatri Bur memerintahkan Kepala Dinas Sosial P3A untuk berusaha maksimal dan mengupayakan prediket Nindya. 

Dia meminta kepada OPD terkait agar saling berkolaborasi dalam hal itu, agar apa yang ditargetkan dapat dicapai dan memperoleh hasil yang sesuai harapan.

"Hal ini juga dalam upaya mewujudkan Padang Pariaman Berjaya, sehingga Padang Pariaman selalu mendapatkan insentif dan kucuran bantuan dari pusat maupun perhatian dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat," sebut dia..

Suhatri Bur juga menyampaikan permohonan maaf lahir batin. Menyambut ramadhan yang tidak lama lagi, baginya hati harus dalam keadaan bersih dan suci. 

"Mudah-mudahan kita kembali suci dan bersih, sehingga dapat memulai semuanya dengan ikhlas dan penuh semangat," tutupnya mendoakan. (suger)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update