Notification

×

Iklan

Menjelang Ramadhan, Pemko Sawahlunto Siap Kendalikan Inflasi

Kamis, 09 Maret 2023 | 17:47 WIB Last Updated 2023-03-09T10:47:12Z

Wawako Sawahlunto, Zohirin Sayuti saat rapat tim pengendalian inflasi daerah bersama wagub Sumatera Barat.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti mengikuti High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), sebagai bentuk langkah upaya dan strategi pengendalian inflasi.

Kegiatan tersebut, dilaksanakan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumbar, Padang, Rabu (8/3/2023). 

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy menyatakan, menjelang Ramadhan diperlukan sinergi dalam merumuskan upaya pengendalian inflasi daerah yang dilakukan secara konkret.

“Perlu sinergi dalam pengendalian inflasi. Perumusan kebijakan di kabupaten/kota juga perlu ditingkatkan lagi, sebagai bentuk komitmen, dalam  mewujudkan inflasi yang terkendali di 2023, agar Sumatera Barat tahun ini akan lebih baik,” ujar Wagub Audy.

Berdasarkan data yang dirilis BPS, Indeks Harga Konsumen (HK) gabungan kota Provinsi Sumatera Barat pada Februari 2023, tercatat inflasi sebesar 0,13% (mtm), atau menurun dibandingkan realisasi Januari 2023, yang inflasi sebesar 0,44% (mt).

Menindaklanjuti hal tersebut, TPID Sumbar merumuskan upaya pengendalian inflasi daerah yang konkret melalui implementasi 4K (keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi yang efektif).

Diantaranya, meliputi penyelenggaraan operasi pasar murah secara lebih intensif, optimalisasi peran Bulog dan TTC dalam memastikan kecukupan pasokan dan kelancaran distribusi. 

Selain itu, TPID Sumbar juga mendorong perluasan program urban farming sebagai program ketahanan pangan, memastikan kelancaran distribusi bahan pangan, melakukan himbauan belanja bijak dalam menjaga konsumsi masyarakat, serta penguatan kordinasi di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Sementara itu, Wawako Zohirin Sayuti mengatakan Pemko Sawahlunto siap menindaklanjuti berbagai upaya dalam pengendalian inflasi tersebut. (ris1)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update