Notification

×

Iklan

Mengenang Tokoh Muhammadiyah, Masjid Samik Ibrahim Diresmikan

Jumat, 10 Maret 2023 | 14:21 WIB Last Updated 2023-03-10T07:21:12Z

Masjid Samik Ibrahim, berdiri megah di Kampuang Pasar Ampiang Parak, Nagari Ampiang Parak, Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan.

Painan, Rakyatterkini.com – Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar hadiri penyerahan dan peresmian Masjid Muhammadiyah Samik Ibrahim, Kampuang Pasar Ampiang Parak, Nagari Ampiang Parak, Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan, Jumat (10/3/2023).

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar menyampaikan apresiasinya atas pembangunan masjid ini.

Salah seorang murid Buya Samik Ibrahim, Milus mengatakan Buya Samik Ibrahim merupakan aktivis Muhammadiyah yang berjasa dalam mendirikan organisasi tersebut di tanah kelahirannya yaitu Bandar X, Indrapura dan Kerinci.
 
Beliau dibesarkan di Kecamatan Lengayang, Nagari Kambang Koto Baru suku kampai dan punya istri di Nagari Ampiang Parak Hj Samsiar di Kecamatan Sutera suku Melayu.

Samik Ibrahim meninggal dunia 24 November 1978 saat menunaikan ibadah haji di Makkah. Setahun kemudian, dia dianugerahi piagam penghargaan sebagai pahlawan masyarakat oleh Gubernur Sumbar Ir. Azwar Anas pada 17 Agustus 1979.

Pada tahun 2017, Samik Ibrahim juga memperoleh penghargaan dari PWM Sumbar atas jasa-jasanya dalam pengembangan cabang dan ranting Muhammadiyah di Pesisir Selatan. (baron)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update