Notification

×

Iklan

Jalan Lakuak Landai Amblas, Transportasi Terputus

Minggu, 12 Maret 2023 | 15:37 WIB Last Updated 2023-03-12T08:37:28Z

Jalan Lakuak Landai Amblas.

Pdg.Pariaman, Rakyatterkini.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), akan memperbaiki ruas jalan Lakuak Landia dan Lakuak Uba, Nagari Kudu Gantiang, dan Nagari Gunuang Padang Alai, Kecamatan V Koto Timur yang amblas karena longsor kemarin sabtu dini hari. 

Kepala Dinas PUPR El Abdes Marsyam mengatakan, untuk mengatasi dengan segera agar aktivitas perekonomian warga tetap lancar. Sesuai arahan disepakati untuk menggunakan dana tanggap darurat atau Belanja Tak Terduga (BTT). 

"Sekarang dalam penyelesaian lahan masyarakat yang terdampak untuk penanganannya dan memulai pengerjaan," ungkap Abdes saat meninjau jalan yang amblas tersebut bersama jajaran beberapa jam setelah kejadian, Sabtu (11/3/2023).

El Abdes menambahkan, perbaikan jalan tersebut bisa dimulai pelaksanaannya secepat mungkin dengan menggunakan dana tanggap darurat tersebut. Akan tetapi katanya, BTT itu tidak bisa digunakan untuk pembebasan lahan termasuk penggantian tanaman yang ada di atasnya. 

"Perlu juga diketahui, BTT tidak boleh untuk ganti rugi, makanya kami harapkan juga peran serta dan kerja sama masyarakat terutama pemilik lahan yang terdampak," katanya berharap. 

Kemudian berdasarkan pantauannya, dia menjelaskan, amblasnya ruas jalan Lakuak Landia ini disamping karena curah hujan yang tinggi juga dipicu kondisi tanah yang labil. 

Badan jalan itu berada di lereng bukit, karena tebingnya mengalami longsor sehingga beberapa meter badan jalan juga ikut amblas ke dalam jurang. 

Maka penanganannya akan berbeda, ruas jalan yang akan dibangun lebarnya berbeda dengan kondisi awalnya. Untuk itulah dia berharap kepada masyarakat untuk bersabar. 

Selama pengerjaan perbaikan akan dibangun jalur alternatif agar masyarakat tetap bisa menempuh jalur tersebut untuk beraktivitas menuju Kota Pariaman atau ke pusat Ibukota Kabupaten di Parit Malintang, jelas Abdes menambahkan.

Berikut beberapa alternatif jalur yang bisa ditempuh dari atau menuju Padang Alai dan wilayah sekatarnya. Pertama, Simpang Kayu Angik dan Simpang Gunuang menuju menuju Malalak. Jalur Padang Alai-Kudu dan Padang Alai-Singgiang. 

Berikutnya dapat menempuh jalur Barangan-Bungin-Batang Piaman -Gunuang-Padang Alai atau ke Gunuang Tigo-Padang Sago-Ampalu- Kota Pariaman.

Ada jalur yang singkat lewat melalui Pasa Kudu-Kampung Balai-Balai-Bukik Kudo-Kudo-Batang Piaman-Gunuang-Pasar Padang Alai. (suger)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update