Notification

×

Iklan

Bupati Eka Putra Buka Festival Pesona Tobek Loweh

Minggu, 12 Maret 2023 | 16:00 WIB Last Updated 2023-03-12T09:00:57Z

Festival Tobek Loweh, Nagari Parambahan, Tanah Datar.

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Festival Pesona Tobek Loweh Nagari Parambahan, Kecamatan Lima Kaum dibuka Bupati Tanah Datar, Eka Putra, Sabtu (11/3/2023). 

Iven yang terangkum dalam Kalender Pariwisata Tanah Datar atau Calender of Event (CoE) Tahun 2023 diawali dengan alek nagari Pacu Jawi, di Kecamatan Sungai Tarab, dan Lima Kaum, serta launching CoE dan persembahan budaya di Pekanbaru. 

"Namun untuk Progul Satu Nagari Satu Event, Pesona Tobek Loweh yang menjadi pertama di tahun ini. Dilaksanakan perdana karena di Kecamatan Lima Kaum salah satu pusat sejarah yang ada di Tanah Datar," sampainya. 

Dikatakan Eka, Progul Satu Nagari Satu Event bertujuan untuk memberikan dampak multiplier kepada nagari khususnya dan Kabupaten Tanah Datar umumnya. 

"Kita ingin dengan progul ini, adat dan budaya serta kuliner yang menjadi spesifik khas di nagari kembali diperkenalkan kepada generasi muda ataupun masyarakat luas, yang nantinya juga bakal menjadi daya tarik wisatawan, sehingga target dua juta wisatawan ke Tanah Datar tahun 2023 bisa dicapai," ujar Eka.

Tidak itu saja, tambah Eka, dengan Progul ini juga bisa menumbuhkembangkan bakat dan kreativitas anak nagari, terutama dalam melestarikan adat budaya serta menempa mentalnya. 

Tidak lupa di kesempatan itu Bupati Eka Putra menyampaikan apresiasi atas terlaksananya event itu dan terima kasih atas kerja keras panitia pelaksana, dukungan tokoh masyarakat, ninik mamak dan pihak lainnya sehingga event ini bisa terlaksana. 

Wali Nagari Parambahan Robi Yasdi, mengatakan festival pesona yang dilaksanakan 11 sampai 13 Maret 2023 diwarnai dengan beberapa kegiatan seperti ciloteh, alua pasambahan, permainan air, penampilan seni tradisional, pacu rakik batang pisang, lomba layang-layang tingkat provinsi dan beberapa atraksi lainnya. (farid)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update