Notification

×

Iklan

BLT dan Ketahanan Pangan Terealisasi, DD Sungai Buluh Sudah Berprogres

Selasa, 21 Maret 2023 | 14:28 WIB Last Updated 2023-03-21T07:28:13Z

Seorang ibu miskin menerima BLT.

Kuansing, Rakyatterkini.com - Dana Desa untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) triwulan pertama di Desa Sungai Buluh, Singingi Hilir, Kuansing, sudah disalurkan, Selasa (21/3/2023).

BLT untuk penyaluran Januari-Maret dengan nominal bantuan sebesar Rp300 ribu per bulan per KPM ini disalurkan kepada 30 KPM yang sudah ditetapkan dalam peraturan desa.

Sekdes Sungai Buluh, Zaenal Arifin, mengatakan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima BLT adalah keluarga yang terdaftar pada pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Penerima bantuan, disebutkan, dengan kriteria seperti kehilangan mata pencaharian, mempunyai keluarga sakit menahun atau kronis, dan tidak menerima bantuan sosial program keluarga harapan.

"Ya, hari ini sudah kita salurkan BLT kepada 30 KPM. Masing-masing KPM tiap bulan menerima Rp300 ribu. Dan tadi kita salurkan tiga bulan sekaligus," ujar Sekdes yang akrab disapa Arif ini.

Arif menambahkan, penyaluran BLT yang bertepatan memasuki bulan suci rhamadan ini diharapkan dapat membantu warga khususnya KPM dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga.

"Kita harap dengan adanya bantuan ini dapat membantu biaya rumah tangga mereka. Apalagi ini kan mau masuk bulan rhamadan tentu banyak kebutuhan yang harus dipenuhi," ujar Arif lagi.

Dia menambahkan, selain BLT bersumber dari Dana Desa (DD) beberapa kegiatan pada APBDes 2023 juga sudah direalisasikan. Diantaranya yaitu kegiatan ketahanan pangan dan pembangunan pasar desa.

Adapun kegiatan ketahanan pangan yang dikerjakan oleh puluhan orang itu, lanjut Arif, yaitu penanaman tanaman buah-buahan dan kelapa di lahan milik desa. 

"Begitupun pasar desa, kebijakan kita bangun karena kondisi sudah sangat memprihatinkan, seperti mau roboh. Alhamdulillah DD 2023 Sungai Buluh sudah berprogres," pungkas Arif. (hen)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update