Notification

×

Iklan

Ayo! Bawa Anak Imunisasi, Polio Tidak Bisa Disembuhkan, Tapi Bisa Dicegah

Selasa, 07 Maret 2023 | 13:47 WIB Last Updated 2023-03-07T06:47:14Z

Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, saat pencanangan imunisasi polio.

Pdg.Pariaman, Rakyatterkini.com - Crash Program Polio atau polio tambahan 2023 dipusatkan di Posyandu Kampung Dalam Nagari Gadur, Kecamatan Enam lingkung, Padang Pariaman, Senin, (6/3/2023).

Bupati Suhatri Bur mengatakan crash program polio merupakan kegiatan pemberian imunisasi polio tambahan pada sasaran, tanpa memandang status dan interval imunisasi sebelumnya baik imunisasi rutin maupun Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

"Saya mengajak seluruh pihak agar dapat mendukung penuh pelaksanaan crash program polio untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang berkulitas dan tumbuh menjadi bangsa besar yang kuat," ujar Suhatri Bur.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Barat, Lila Yanwar menuturkan dibutuhkan upaya berupa kegiatan crash program yang dilaksanakan untuk menutup kesenjangan imunitas serta merupakan upaya penting dalam mempertahankan status Indonesia bebas polio.

Penyakit polio tidak bisa disembuhkan, namun bisa dicegah dengan imunisasi polio dengan membawa anak-anak bayi dan balita untuk diimunisasi ke posyandu terdekat.

Kepala Dinkes Kabupaten Padang Pariaman, Aspinudin menjelaskan ada dua macam imunisasi polio tambahan ini, yakni bivalent Oral Polio Vaccine (Bopv) atau polio tetes dan Inactivated Poliovirus Vaccine (IPV). 

Untuk Imunisasi bOPV ditujukan untuk seluruh anak usia 0 sampai dangan 59 bulan, sedangkan imunisai IPV ditujukan untuk seluruh anak usia empat sampai dengan 59 bulan. (suger)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update