Notification

×

Iklan

Apresiasi Pemanfaat, BUMDes Mekar Jaya Gelar Gebyar Hadiah

Sabtu, 18 Maret 2023 | 10:50 WIB Last Updated 2023-03-18T03:50:33Z

BUMDes Mekar Jaya.

Kuansing, Rakyatterkini.com - Sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat desa Beringin Jaya, Singingi Hilir, Kuansing, BUMDes Mekar Jaya menggelar gebyar hadiah, Kamis (16/3/2023) kemarin.

Undian berhadiah berbagai perabotan rumah tangga dan alat pertanian ini digelar di aula kantor desa setempat pasca pelaksanaan musyawarah LPj yang sebelumnya sudah dilaksanakan bersama Pemdes dan BPD.

Dalam gebyar hadiah kali ini BUMDes Mekar Jaya membagikan puluhan hadiah mulai dari springbed, lemari, mesin cuci, magicom, kipas angin hingga berbabagi perabotan rumah lainnya.

Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mekar Jaya, Sugeng Pangestu mengatakan gebyar hadiah ini dilaksanakan oleh pengelola setiap setahun sekali setelah pelaksanaan musyawarah pertanggungjawaban tahunan.

Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kepada masyarakat khususnya pemanfaat pada unit usaha simpan pinjam dan usaha perkreditan yang dikelola oleh BUMDes dimana setiap tahunnya mengalami kemajuan.

"Realisasi laba dari tahun ke tahun terus meningkat. Tahun buku 2022 laba bersih mencapai Rp94 juta. Ini bisa terwujud berkat dukungan dan kepercayaan masyarakat kepada BUMDes Mekar Jaya," ujar Sugeng.

Dia berharap kepercayaan masyarakat lebih meningkat lagi sehingga peran aktif pemanfaatan unit usaha BUMDes semakin besar dalam memenuhi kebutuhan masyarakat beringin jaya.

Sementara itu Kades Beringin Jaya, Nurjaeni mengatakan peran BUMDes sangat besar terhadap pertumbuhan ekonomi desa. Sebagai lembaga keuangan, BUMDes mampu meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi desa. 

Oleh karena itu dikatakan, pihaknya terus melakukan pengembangan penambahan unit usaha baru BUMDes Mekar Jaya agar masyarakat terus berdaya dan pendapatan asli desa makin meningkat.

Salah satu pengembangan yang tengah dilakukan yaitu pembangunan embung desa untuk objek wisata masyarakat.  Pembangunan embung ini dilaksanakan dalam beberapa tahap. 

Pembangunan embung diatas lahan desa seluas 2 hektare ini nantinya tidak hanya untuk pariwisata di Beringin Jaya tapi embung juga bisa untuk mengatasi banjir sebagai tempat konservasi air.

Disebutkannya, untuk tahun 2023 ini pemdes beringin jaya telah menganggarkan dana desa sebesar Rp270 juta untuk pengembangan embung yang pengelolaan oleh BUMDes.

Di sekeliling embung itu nanti dibangun gazebo dan juga disediakan area tempat berjualan makanan dan minuman, sehingga menjadi daya tarik wisatawan. Wisata embung ini nanti diharapkan bisa menjadi icon Desa Beringin Jaya. (hen)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update