Notification

×

Iklan

Lagi Berprestasi, Bupati Solok Epyardi Asda Terima Dua Penghargaan Bergengsi Tingkat Asia

Sabtu, 25 Februari 2023 | 20:35 WIB Last Updated 2023-02-25T13:35:35Z

Bupati Solok, Epyardi Asda, bersama penerima penghargaan lainnya.

Solok, Rakyatterkini.com - Bupati  Solok, Epyardi Asda kembali menorehkan prestasi gemilang di masa kepemimpinannya. 

Figur kepemimpinan visioner yang mempunyai visi "Mambangkik Batang Tarandam" itu mampu membuat berbagai terobosan, dan inovasi dengan harapan menjadikan Kabupaten Solok menjadi kabupaten terbaik di Sumatara Barat ini akan terwujud. 

Bupati yang dikenal tegas tersebut dianugerahi dua penghargaan sekaligus yaitu Penghargaan Visioner Leader of Indonesia, dan Innovator Of The Year In Education 2023 oleh Seven Media Asia & President Asia Global dan Majalah The Leader Indonesia.

Kedua penghargaan tersebut diterima Bupati Solok di The Trans Resort Bali, Jalan Sunset Road, Seminyak, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Jumat 24 Februari 2023.

Officer Seven Media Asia, Restu Lingga menyampaikan, penghargaan yang diberikan pada malam Asian Leaders Award tersebut diberikan kepada pemimpin inspiratif terbaik Indonesia, meliputi gubernur, bupati, walikota, DPR RI, DPD RI, DPRD, perusahaan swasta, BUMD, BUMN.

Sertifikat Visioner Leader of Indonesia.

Menurut Restu, adapun dasar penghargaan ini diberikan adalah atas kinerja dan prestasi kepemimpinan dalam melakukan perubahan dan percepatan, serta inovasi baru dalam mewujudkan Indonesia maju. 

Diantaranya meliputi leadership, education, impact, marketing dan innovation di tingkat nasional dan internasional.

Selain itu penghargaan itu diberikan melalui penilaian kualitatif keberhasilan kepemimpinan 2021 s/d 2022 yang telah dicapai dengan memberikan standar yang tinggi kepada penerima penghargaan.

Diantaranya mencakup quality performance, responsbility, attractiveness dengan atribut pengukuran layanan inovatif dan berkualitas, tata kelola atau manajemen yang baik, mampu berkembang dengan mengikuti perubahan, serta memiliki kepedulian sosial yang tinggi, ujar Restu.

Penghargaan bergengsi tingkat Asia itu diberikan pada Bupati Solok, Epyardi Asda itu karena dianggap pemimpin inspiratif terbaik, dan dinilai berhasil dalam mengatasi permasalahan strategis yang dialami masyarakat, terutama di tengah ekonomi masyarakat yang tidak stabil dan merata yang baru keluar dari pandemi Covid-19.

Asia Leader Award 2023 yang diterima Epyardi Asda.

Bupati Solok, Epyardi Asda mengungkapkan penghargaan bukan hanya diperuntukkan kepada Bupati Solok saja. Namun ini merupakan hasil dari kepemimpinan bersama sebagai Satu Kesatuan Solok Super Team (SST) dengan tekad mambangkik batang tarandam menjadikan Kabupaten Solok Terbaik di Sumatera Barat.

"Saat ini kita telah berhasil mengembalikan kejayaannya, dimana sebelumnya kita berada di posisi kabupaten peringkat tiga terendah di Sumatera Barat. Namun selama satu tahun lebih kita telah berhasil mencapai peringkat tertinggi dan mendapatkan penghargaan di berbagai lini," ujar Epyardi Asda.

Orang nomor satu di Kabupaten Solok, yang juga mantan anggota DPR RI tiga periode itu mengakui, untuk mendapatkannya butuh kerja keras.

“Memang tidak mudah, butuh tim yang tangguh. Maka  dari itu  saya bentuk Solok Super Team (SST), apalagi selama ini kita terperosok jauh tertinggal dari daerah lain di Sumbar. Saat sekarang dapa  kita lihat dan rasakan, "ujar Epyardi.

Sebelumnya Epyardi Asda juga pernah diundang ke Singapura sebagai salah satu kepala daerah yang terpilih dalam program Digital Leadership Academy (DLA). 

Bupati Solok, Epyardi Asda, terima penghargaan.

Kemudian dapat penghargaan dari Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat sebagai kabupaten predikat tertinggi tingkat kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2022 se Kabupaten di Sumatera Barat (Sumbar).

Selanjutnya Pemkab Solok juga berhasil menurunkan angka stunting dengan sangat signifikan, dari 40,1 persen menurut SSGI pada tahun 2021, menjadi 24,2 persen pada tahun 2022. 
Terjadi penurunan stunting di Kabupaten Solok sebesar 15,9 persen. Penurunan sebesar 15,9 persen itulah yang menjadikan Kabupaten Solok mendapat prediket terbaik penanganan Stunting di Sumatera Barat. Tidak hanya itu Kabupaten Solok juga termasuk terbaik tingkat nasional dalam Audit Stunting.

 Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute dan Pakar Komunikasi Politik UIN Jakarta, Gun Gun Heryanto, menilai Epyardi Asda layak menerima penghargaan bergengsi tersebut.

Menurutnya, penilaian tersebut tidak asal diberikan oleh Seven Media Asia & President Asia Global, serta Majalah The Leader Indonesia, kepada seseorang atau badan, namun melalui penilaian yang teliti.

"Sangat wajar Bapak Bupati Solok menerima penghargaan tersebut, karena sudah dicermati tim dari Seven Asia dan President Global di bawah pimpinan Bapak Reza Batara Putra, MBA serta Majalah The Leader Indonesia,” sebut Gun Gun Heryanto.

Pihaknya juga setuju jika kepala daerah untuk terus membangun inovasi dan memiliki karakter pemimpin visioner, demi suksesnya program strategis pembangunan nasional maupun daerah yang pada tujuannya adalah untuk menyejahterakan masyarakat. (dd)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update