Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ketua LKAAM Pasbar Minta Akhlak Anak Muda Jangan Keluar dari ABS-SBK

Kamis, 05 Januari 2023 | 21:46 WIB Last Updated 2023-01-05T14:46:00Z

Pengurus LKAAM Pasaman dikukuhkan dan dilantik oleh ketua LKAAM Sumbar.

Pasbar, Rakyatterkini.com - Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Pasaman Barat, Baharuddin R Tuo Malin mengharapkan supaya LKAAM betul-betul utuh Adat Bersendikan Syarak, Syarak Bersendikan Kitabullah (ABS-SBK).

"Orang Minang di Pasbar ini diharapkan betul-betul orang yang bertaqwa kepada Allah SWT. ABS-SBK, adat memakai syarak mangato. Ini tekad kami dari LKAAM Pasaman Barat, serta mengawal dan membina perkembangan anak muda jangan sampai akhlaknya tak sesuai dengan orang Minangkabau," kata Ketua LKAAM Pasbar Baharuddin R, usai dilantik Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar, Kamis (5/1/2023).

Baharuddin meminta kepada Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi agar membuatkan rumah adat di Pasaman Barat sebagai bentuk perhatiannya kepada adat di Pasaman Barat untuk menghidupkan adat di bumi tuah basamo.

"Mudah-mudahan tergerak hati bapak bupati nantinya, guna mengawal akhlak generasi muda agar jangan keluar dari ABS SBK ini," kata Baharuddin.

"Kita ambil perbandingan ke Kota Solok yang dibuatkan oleh walikota rumah adat dengan anggaran Rp1,2 miliar sebagai bentuk perhatian kepada adat," kata Baharuddin didampingi Sekretaris LKAAM Pasbar Anwir Dt Bandaro.

Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar, meminta ninik mamak agar memainkan peran dan fungsi untuk membina dan mengawasi anak kemenakan agar tidak terkena narkoba atau pergaulan bebas, LGBT dan lainnya.

Dia mendukung pendapat Kapolri untuk melaksanakan restorasi justice (penyelesaikan perkara tak sampai kepengadilan) dengan memberdayakan fungsi ninik mamak. 

"Kalau ada silang sangketa cukup sampai ninik mamak saja, jangan sampai ke polisi lagi," kata mantan Walikota Padang ini.

Fauzi Bahar menyebut siapapun dan apapun suku orang di Minangkabau ini, mereka adalah anak kemenakannya ninik mamak. Oleh karena masalahnya harus diselesaikan dengan 
musyawarah dan mufakat.

Fauzi Bahar mengapresiasi Ketua LKAAM terpilih Baharuddin. "Pak Bahar ini senior saya, dari polisi berpangkat Bharada hingga mencapai Letkol, jarang orang seperti beliau semangatnya, kita berharap LKAAM Pasbar bisa maju ditangan beliau," tukas Fauzi.

Dia berharap di bawah kepemimpinan Bahar dan jajaran LKAAM Pasaman Barat bisa bersinar dan terlaksana adat bersendikan syarak, syarak bersendikan Kitabullah (ABS-SBK) guna membina dan mengawasi anak kemenakan dari berbagai pengaruh negatif.

Fauzi Bahar menyebut Pasbar adalah negeri yang kaya potensi agar dimanfaatkan untuk kemakmuran anak kemenakan. "Di sinilah peran ninik mamak bisa mengayomi anak kemenakan," katanya.

Fauzi Bahar menegaskan agar tahan ulayat disertifikatkan atas nama nagari. Sebab jika tidak, maka dikemudian hari tanahnya akan habis. Karena kepemilikan tanah nantinya harus auntentik dengan bukti kepemilikan sertifikat. 

"Hari ini tanah ulayat itu tinggal 10 persen lagi cuma, tanah nan sabingkah lalang nan sahalai adalah milik ninik mamak. Kalau tidak disertifikatkan maka tanah ulayat akan lepas," katanya.

Kadis Kebudayaan Sumbar Syaifullah memberikan apresiasi pelantikan LKAAM Pasbar yang cukup meriah dan  bersemangat. 

"Saya berharap agar budaya terus dilestarikan di Pasaman Barat, dengan mendaftakan potensi budaya, situs budaya  di daerah ke Kementerian atau ke Dinas Kebudayaan Sumbar," katanya.

Bupati Pasbar H Hamsuardi menyebut bahwa Pemkab Pasbar akan memiliki perhatian penuh terhadap LKAAM Pasbar dan ninik mamak.

"Program unggulan kita adalah magrib mengaji dan tahfidz Alquran. Untuk itu sangat sejalan dengan LKAAM Pasbar adat bersendikan syarak, syarak bersendikan Kitabullah," kata Hamsuardi.

Adapun pengurus LKAAM Pasbar yang dilantik adalah Ketua H Baharuddin R Tuo Malin, Sekretaris H Anwir SH Dt Bandaro, Bendahara Edy Warman Dt Rajo Alam. 

Dewan Pertimbangan TK Jailani Yang Dipertuan Parik Batu, Wakil Sekretaris H Tuanku Asrul Yang Dipertuan Kinali, Sekretaris Mailizar Dt  Rajo Sampono.

Ketua Harian Khaidir Dt St Kabasaran. Wakil Ketua I Ednarsyah Rangkayo Bungo Tanjuang  Waka II H Dawar Majo Garang, Waka III Syamsuardi  St Lauk Api, Waka IV Nefrahadi Tuanku Sambah. 

Pengurus LKAAM juga dilengkapi dengan 9 bidang yakni Bidang Organisasi Kewarisan dan Keanggotaan Ketua Kasiman Majo Batuah, Bidang Penyelesaian Sangketa Sako dan Pusako dan ABSSBK Ketua,  Muslim Rajo Magek. 

Bidang Pemberdayaan Tanah Ulayat/Aset Nagari Ketua Tk M Arif Dt Majo Basa. Bidang Advokasi dan Hukum Asnirizal Dt Rangkayo Mulia, Bidang Pembinaan Adat dan Syara Ketua Nofriado K Imam Rajo, Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Anggota  Ketua H Kusnadi Dt Rajo Batuah.

Bidang Pemuda dan Seni Permainan Anak Nagari Ketua Doni Wandra Dubalang Sinaro, Bidang Pemerintahan Nagari dan KAN Syafril Sutan Ameh.

Bidang Humas, Informasi dan Publikasi, Ketua, M. Junir Sutan Rajo Ameh, Anggota Irfan St Pangeran, Afdal Adian. (junir sikumbang)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update