Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kades Sukadamai Apresiasi BUMDes Makarti Jaya, Raup Laba Bersih Rp600 Juta Lebih

Kamis, 12 Januari 2023 | 13:08 WIB Last Updated 2023-01-12T06:09:57Z

Ratusan masyarakat Sukadamai mengikuti acara MPTB BUMDes Makarti Jaya.

Kuansing, Rakyatterkini.com - Kepala Desa (Kades) Sukadamai, Nur Ahmad mengapresiasi keberhasilan yang diraih Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Makarti Jaya dalam meningkatkan pendapatan dan kemajuan ekonomi masyarakat desa. 

Diketahui, pengelola BUMDes Makarti Jaya Desa Sukadamai, Kecamatan Singingi Hilir, Kuansing pada Musyawarah Pertanggungjawaban Tahunan BUMDes (MPTB) tahun buku 2022 berhasil mencatat laba bersih setengah miliar lebih.

Kades Nur Ahmad pada penyampaian laporan di acara MPTB yang digelar di halaman kantor desa Sukadamai, pada Rabu (11/01/2023), mengatakan bahwa dari tahun ketahun BUMDes Makarti Jaya mengalami kemajuan itu dibuktikan dari perolehan laba.

Namun demikian disebutkan, kemajuan BUMDes tidak dapat diraih tanpa adanya kerja keras pengurus serta dukungan dan partisipasi dari seluruh masyarakat Sukadamai. Karena itu, ia menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang mempercayakan BUMDes.

"Besar dan berkembangnya BUMDes Makarti Jaya bukan hanya berkat kerja keras pengelolanya saja, akan tetapi yang lebih penting ini juga merupakan dukungan dan kepercayaan dari nasabah atau masyarakat Sukadamai," ujar Nur Ahmad. 

Ia memaparkan, beberapa kegiatan unit usaha saat ini dijalankan BUMDes yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat yaitu simpan pinjam, toserba, saprodi, kerjasama jual beli sawit, usaha perkreditan, dan pasar desa.

Hasil usaha pada tahun 2022 dari berbagai unit usaha tersebut berhasil meraup keuntungan bersih senilai Rp 600 juta lebih. Dari pendapatan tersebut mampu menyumbang pendapatan asli desa sebesar sepuluh persen.

"Usaha yang dijalankan terus berkembang. Seperti unit simpan pinjam, saat ini ada Rp13 milar lebih tabungan masyarakat dikelola oleh BUMDes. Begitupun unit usaha perkreditan, mulai dari perabotan rumah tangga hingga mobil bisa kredit di BUMDes Makarti Jaya," katanya. 

MPTB BUMDes Makarti Jaya tahun buku 2022 menyediakan doorprize 4 unit sepeda motor dan ratusan hadiah alat-alat rumah tangga.

Direktur BUMDes Makarti Jaya, Sri Suhirti, mengatakan untuk peningkatan kemajuan BUMDes yang diprioritaskan untuk perkembangan desa, dalam waktu dekat pihaknya bakal membuka beberapa unit usaha baru. Salah satunya usaha rental alat berat. 

"Untuk pengembangan, dalam waktu dekat kami buka unit baru yaitu usaha rental alat berat. Usaha untuk mendukung pertanian masyarakat ini cukup potensial karena selama ini masyarakat sewa alat berat dari luar. Mudahan adanya penambahan usaha ini BUMDes lebih maju lagi," katanya.

Sementara Kadis Sosial PMD Kuansing, Erdiansyah, mengatakan, keberhasilan BUMDes Makarti Jaya ini dapat dijadiakan contoh dan acuan bagi desa lain dalam memanfaatkan dana desa agar terwujudnya desa mandiri dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Saya harap desa-desa lainnya dapat mencontoh BUMDes tersebut. Untuk mendukung usaha masyarakat dalam meningkatkan ekonomi desa, keberadaan  BUMDes harus dimaksimalkan. Melalui wadah BUMDes ini desa harus gali dan kelola semua potensi yang ada di desa," jelasnya. (hen)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update