Notification

×

Iklan

Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pemkab Berpredikat Baik

Jumat, 02 Desember 2022 | 17:19 WIB Last Updated 2022-12-02T10:19:43Z

Kepala Bapppeda, Paryanto, usai rapat akhir penyusunan IKM.

Dharmasraya, Rakyatterkini.com - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska, diwakili Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapppeda), Paryanto, pimpin rapat akhir penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan publik Tahun 2022, Kamis (1/12/2022)

Kegiatan ini menghadirkan tim ahli dari LPPM Universitas Andalas (Unand), dan diikuti kepala OPD/instansi yang menjadi fokus survei dalam penyusunan IKM.

Paryanto, mengatakan tim ahli dari LPPM Universitas Andalas (Unand) telah melaksanakan survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik oleh Pemerintah Kabupaten Dharmasraya pada beberapa lokasi strategis untuk mengumpulkan informasi langsung dari responden, selama 75 hari kalender. 

Tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil analisis penyusunan IKM dapat dijadikan pedoman untuk mengukur perubahan nilai kepuasan masyarakat serta dasar penyelenggaraan konsultasi publik ke depan. Perbaikan Pelayanan Publik agar dapat dilakukan untuk keberhasilan Penyelenggara pelayanan.

Menurut Paryanto, survei IKM, memberi ruang kepada masyarakat untuk berpartisipasi memberikan masukan kepada pemerintah daerah, terkait dengan pelayanan publik yang diselenggarakan. Sedangkan bagi pemerintah, masukan ini menjadi dasar dalam membuat kebijakan terutama bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan publik di masa yang akan datang.

Ketua Tim Survei, Asrinaldi, menyampaikan, berdasarkan hasil pengolahan data kuesioner atas layanan di Pemkab Dharmasraya, menyimpulkan, secara keseluruhan, skor IKM Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022 mendapatkan mutu pelayanan dengan nilai B. Dapat dikatakan kinerja pelayanan Pemerintah Daerah Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022 dalam kategori baik. (rona)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update