Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Festival Rakyat Batang Arau Dibuka, Gubernur Berselfie Bersama Penari Lokal

Jumat, 30 Desember 2022 | 09:32 WIB Last Updated 2022-12-30T02:32:38Z

Gubernur Sumbar,  Mahyeldi berselfie bersama penari lokal.

Padang, Rakyatterkini.com - Festival Rakyat Batang Arau 2022, resmi dimulai, Kamis (29/12/2022).

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi juga ikut dalam kegiatan itu dengan bersampan di Batang Arau, setelah pengguntingan pita di depan Dermaga Wisata Pokdarwis Gunung Padang.

Dalam Festival Rakyat Batang Arau, ada tiga kegiatan, yaitu festival kuliner, jual beli botol dan gelas plastik dan bersampan-sampan di sepanjang Batang Arau. 

Festival kuliner diikuti oleh 40 UMKM. Penanggung jawab jual beli botol dan gelas plastik adalah Gilplas Sumbar. Sedangkan kegiatan bersampan-sampan melibatkan nelayan. 

Gubernur Mahyeldi menyampaikan dukungan dan apresiasi kepada Pokdarwis Gunung Padang, dan Koalisi Masyarakat Peduli Batang Arau yang telah menggelar Festival Rakyat Batang Arau. 

Batang Arau ini sangat strategis. Lokasi ini daerah perlintasan yang banyak dilalui orang menuju destinasi Batu Malin Kundang di Air Manis.

Masyarakat bersama dengan Pokdarwis Gunung Padang tinggal membuat kegiatan rutin yang memancing orang untuk singgah. Bila orang sudah singgah, ekonomi rakyat akan bergerak.

Ketua Pokdarwis Gunung Padang, Bhilu Pricilia menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan, terutama Koalisi Masyarakat Peduli Batang Arau yang dipimpin oleh Miko Kamal. 

Bhilu menceritakan, kegiatan ini melibatkan masyarakat lokal secara partisipatif. Misalnya, sampan-sampan yang digunakan untuk kegiatan bersampan-sampan adalah sampan para nelayan.

Bhilu juga menginfokan bahwa setiap penumpang sampan dewasa dikenakan biaya sebesar Rp20.000. Sedangkan untuk anak-anak dikenai biaya Rp10.000. 

Sementara itu, Koordinator Koalisi Masyarakat Peduli Batang Arau Miko Kamal mengatakan festival diharapkan sebagai trigger kegiatan ekonomi rakyat dengan Pokdarwis Gunung Padang sebagai penggerak. (mmc)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update