Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

APBDes Pasir Emas 2023 Ditetapkan, Program Kerja Segera Direalisasikan

Sabtu, 31 Desember 2022 | 15:51 WIB Last Updated 2022-12-31T08:51:55Z

Kades Pasir Emas, Rikan Nugroho.

Kuansing, Rakyatterkini.com - Pemerintah Desa Pasir Emas, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuansing, Riau, di bawah kepemimpinan Rikan Nugroho telah merampungkan evaluasi APBDes 2023.

Kades Rikan Nugroho mengatakan, anggaran pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) sebelumnya disusun oleh pihaknya dan sudah diajukan ke Camat Singingi untuk dievaluasi sebagai syarat wajib penggunaan anggaran.

Evaluasi APBDes ini adalah berdasarkan ketentuan yang diatur dalam Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang pengelolaan Dana Desa.

Pengesahan APBDes tepat waktu, bertujuan untuk mempercepat proses pencairan Dana Desa 2023 sehingga dapat segera merealisasikan program kerja, baik itu kegiatan pemberdayaan, infrastruktur maupun ketahanan pangan. 

"Alhamdulilah APBDes Pasir Emas 2023 sudah rampung, sudah selesai dievaluasi pihak Kecamatan. Selanjutnya kita sudah bisa menjalankan program kerja sesuai juknis dan ketentuan yang berlaku," ujar Kades Rikan Nugroho, Sabtu (31/12/2022.

Ia mengungkapkan, ada sejumlah program prioritas pada penggunaan dana desa 2023 yang tidak lama lagi bakal direalisasikan diantaranya pembiayaan pemerintahan desa, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat, BLT-DD dan stunting.

Selanjutnya, tambah Rikan Nugroho, untuk bidang kesehatan pihaknya akan melaksanakan kegiatan rehabilitasi gedung posyandu. Itu merupakan sebagai wujud pemenuhan kebutuhan dasar kesehatan masyarakat. 

"Sementara untuk ketahanan pangan, program kita yaitu pengembangan ternak sapi. Pengembangan labu madu, serta budidaya ikan kolam, ini merupakan program lanjutan tahun sebelumnya. Karena cukup potensi, maka tahun 2023 lebih kita kembangkan lagi," pungkasnya. (hen)


IKLAN



×
Berita Terbaru Update