Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pesona Andaleh Luar Biasa, Layak jadi Destinasi Wisata

Senin, 10 Oktober 2022 | 14:18 WIB Last Updated 2022-10-10T14:42:35Z

Andaleh Bungo Expo yang dilaksanakan di Nagari Andaleh, Kecamatan Batipuh, Minggu (9/10/2022). 

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Pesona Nagari Andaleh, Kecamatan Batipuah, Tanah Datar, luar biasa. Tidak hanya pesona alam, pertanian, perkebunan dan beraneka ragam tanaman hias seperti bunga, namun juga banyak terdapat di nagari ini keunikan lainnya. 


“Saya berharap Nagari Andaleh yang juga dikenal sebagai nagari bunga ini bisa menjadi daerah destinasi wisata unggulan di Tanah Datar. Dari itu nanti, jika wisatawan datang, baik lokal maupun mancanegara, maka kita harus selalu ramah, senyum dan jika ada masyarakat yang berjualan berbagai produk khas daerah wisatawan yang berbelanja jika banyak menawar, masyarakat jangan marah atau kesal. Tapi, sambutlah tamu-tamu yang datang dengan keramahan,” pesan Bupati Eka Putra. 


Pesan itu dikemukakan Bupati Eka Putra ketika menutup secara resmi Andaleh Bungo Expo yang dilaksanakan di Nagari Andaleh, Kecamatan Batipuh, Minggu (9/10/2022). 


Andaleh Bungo Expo dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 8 - 9 Oktober 2022, dengan berbagai rangkaian kegiatan yang dikemas dalam satu nagari satu event. 


Bupati Eka Putra yang langsung menuju Nagari Andaleh dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman, karena sebelumnya melakukan serangkaian kegiatan di Jakarta, menuturkan jika Nagari Andaleh punya potensi untuk dijadikan daerah tujuan wisata. 


“Sebelum ini di Jakarta, saya bersama Pemprov Sumbar dan kepala daerah se-Sumatera Barat menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta, salah satunya produk UMKM, sehingga ke depannya produk-produk kita bisa bersaing di pasaran nasional dan internasional. Selain itu, juga kegiatan promosi wisata ke wisatawan Timur Tengah (Uni Emirat Arab) dan mereka tertarik ketika kami promosikan Nagari Andaleh,” ucapnya. 


Bupati juga mengapresiasi Andaleh Bungo Expo yang dilaksanakan dua hari tersebut, dan selalu ramai pengunjung, bahkan fun bike yang diikuti club sepeda dari berbagai daerah di Sumatera Barat, tidak saja dari provinsi ini melainkan ada dari Provinsi Aceh, Lampung dan juga dari Provinsi Riau. 


Anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar, Nova Hendria pada kesempatan itu menyampaikan rasa syukurnya, walau disaat pembukaan bupati tidak bisa hadir dikarenakan ada agenda yang tidak bisa ditinggalkan, namun disaat penutupan bisa dihadiri langsung. 


Diakui Nova, jika Nagari Andaleh layak dijadikan daerah destinasi wisata dari 16 nagari yang telah ditetapkan Pemkab Tanah Datar salah satunya Nagari Andaleh ini. 


“Masyarakat Nagari Andaleh sudah menampilkan berbagai kearifan lokal seperti di expo ini bunga-bunga kualitas terbaik ditampilkan, dari itu ke depan mari kita perindah lagi nagari kita ini,“ ujarnya. 


Sebelumnya, Walinagari Andaleh mengatakan, rangkaian kegiatan dari Andaleh Bungo Expo ini seperti pameran bunga, kesenian, pameran produk UMKM dan kuliner, fun bike (gowes), dan kegiatan menarik lainnya. 


Pada kesempatan itu Bupati Eka Putra juga berkesempatan mencabut lot door price dengan hadiah sepeda, dan secara pribadi Bupati Eka Putra juga memberikan hadiah door price berupa uang tunai sejumlah Rp1.000.000. 


Turut hadir saat penutupan Andaleh Bungo Expo tersebut Kadis Parpora Hendri Agung Indrianto, Kabag Prokopim Dedi Tri Widono, Kabag Umum Sova Nova Budianto, Camat Batipuh Abdi Hardifala, Forkopimca dan undangan lainnya. (Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update