Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pemkab Gelar Bimtek Manajemen Resiko dan Penyelenggaraan SPIP

Senin, 10 Oktober 2022 | 22:51 WIB Last Updated 2022-10-10T15:51:08Z

Bupati Tanah Datar, Eka Putra.
 

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, menggelar bimbingan teknis manajemen resiko dan penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi dan Penandatanganan Komitmen SPIP Terintegrasi menuju level tiga di lingkungan Pemkab, yang dibuka Bupati Eka Putra,  Senin (10/10/2022) di Aula Kantor Bupati Pagaruyung. 


Pada kegiatan tersebut, juga turut dihadiri Kepala Badan Pengawasan Kuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumbar, Dra. Desy Adim, Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana, para asisten, pimpinan OPD,  serta camat se-Tanah Datar. 


Bupati Eka Putra mengatakan, pelaksanaan bimbingan teknis SPIP ini atas kerjasama dengan Badan Pengawasan Kuangan dan Pembangunan (BPKP) Pusat. 

"Tujuan bimtek ini untuk meningkatkan pemahaman pentingnya penerapan sistem pengendalian internal dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dalam mewujudkan pemerintahan yang baik, transparan, akuntabel, efektif dan efesien," tuturnya. 


Eka putra mengemukakan, untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik harus dimulai dengan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan profesional. 


"Dengan demikian, diharapkan peserta bimbingan teknis agar mengubah paradigma dalam pengelolaan keuangan dan aset serta mengimplemantasikannya dalam menjalankan tugasnya," harapnya. 


Menurut bupati, dalam mencapai pengelolaan keuangan daerah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel, maka Pemkab wajib melakukan pengendalian intern atas penyelenggaraan kegiatan pemerintahan serta pengendalian intern adalah suatu proses yang didesign, serta dilaksanakan pada suatu organisasi untuk mencapai keandalan laporan keuangan, efektivitas dan kepatuhan hukum dan peraturan yang berlaku. 


Sebelumnya, Kepala BPKP Provinsi Sumbar Dra. Desy Adim mengemukakan, terimakasih dan memberi apresiasi kepada pemerintah daerah Tanah Datar, atas komitmen yang tinggi untuk mencapai integritas dan akuntabilitas dalam pengendalian intern. 


Desy Adim menambahkan, Kabupaten Tanah Datar selalu terdepan dalam pengelolaan keuangan dengan komitmen untuk menuju good governant, hal tersebut dibuktikan dari hasil quality assurance maturitas SPIP oleh Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat. 


"Pada tahun 2014 maturitas SPIP Tanah Datar mencapai skor 3,24 atau level 3 terdefinisi. Artinya, segala kegiatan pengendalian pada OPD dilingkungan Tanah Datar telah terdokumentasikan dengan baik. Tentu ke depannya dengan aplikasi baru BPKP akan lebih baik lagi dengan mempertahankan karakteristik maturitas penyelenggaraan SPIP pada level 3," harapnya. 


Sementara itu, Inspektur Desi Rima, selaku Ketua Pelaksana menyampaikan pelaksanaan bimtek yang akan  berlangsung selama 3 hari dari tanggal 10 sampai 12 Oktober 2022 dan diikuti oleh Sekretaris, Kabid/Kasubag Perencanaan Dinas/Kantor, kepala kantor, dan camat. 


Desi Rima juga menjelaskan, pelaksanaan bimtek bertujuan  untuk mencapai kondisi penyelenggaraan SPIP terintegrasi di lingkungan pemerintah kabupaten yang memadai dan berkualitas, serta sesuai dengan target yang diharapkan. Untuk itu, dibutuhkan komitmen yang kuat dari seluruh pimpinan OPD yang dibuktikan dengan penandatanganan komitmen bersama. (Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update