Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Masuk 6 Besar Nasional, Wiwit Berhasil Mengubah Rumah Sakit Menjadi Nyaman

Rabu, 12 Oktober 2022 | 01:00 WIB Last Updated 2022-10-11T18:00:01Z

Saswita Kemala Dewi.

Padang, Rakyatterkini.com - Selama ini masyarakat sangat mengenal rumah sakit adalah tempat menakutkan. Ditambah saat memasuki area rumah sakit, seketika aroma khas karbol dan obat-obatan sudah tercium.


Apalagi saat pandemi Covid-19, ketidaknyamanan itu kian bertambah banyaknya korban meninggal akibat Covid-19. Tentunya pasien yang masuk ingin berobat dilanda kecemasan dan tidak nyaman.


Di bawah kepemimpinan Saswita Kemala Dewi, selama 2 tahun ini Instalasi Kesehatan Lingkungan RSUP DR. M. Djamil Padang melakukan transformasi non medis dengan Inovasi “Green House”Pital dengan strategi pengoptimalan pemanfaatan ruang terbuka hijau di RS dan meningkatkan kebersihan serta kenyamanan ruang rawat. 


Menggunakan Inovasi ini berhasil menciptakan suasana nyaman di RS seperti dirumah sendiri dengan suasana bersih, wangi, nyaman, hijau dan asri.


Ia memulai mengoptimalkan pemanfaatan area taman dan meningkatkan kebersihan serta kenyamanan ruang rawatan dengan harapan akan memberi kenyamanan bagi pasien.  


Menurut Saswita Kemala Dewi yang akrab dipanggil Wiwit ini, perubahan transformasi ini selaras dengan instruksi dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Sadikin pada 10 Juni 2022 bahwa seluruh RS vertikal perlu melakukan transfomasi pelayanan kesehatan, termasuk pelayanan non medis, medis, serta perbaikan pada budaya pelayanan. 


Saswita Kemala Dewi, merupakan salah satu peserta tenaga kesehatan teladan masuk dalam 6 Besar tingkat nasional dari Kementerian Kesehatan RI, kategori Rumah Sakit Vertikal.


Perjuangan Wiwit tentu tidak luput dari dukungan dari RSUP DR. M. Djamil Padang, walaupun anggaran terbatas. Ia mulai membersihkan lingkungannya yang kotor, taman yang tak terurus.


Selain itu juga berdampak pada hospitalia yang beraktifitas di RS dimana taman akan meningkatkan kualitas lingkungan kerja hospitalia yang pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja RS.


Wiwit menjelaskan konsep "Green House" Pital sangat berpengaruh dalam kinerja Rumah Sakit. Image yang menakutkan kini menjadi nyaman dan menyenangkan. (nov)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update