Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Maksimalkan Potensi Daerah, Bupati Tanah Datar Teken MoU Bersama Gubernur Anis Baswedan

Rabu, 05 Oktober 2022 | 20:50 WIB Last Updated 2022-10-05T13:50:27Z

Bupati Tanah Datar, Eka Putra bersama Gubernur DKI, Anis Baswedan.
 

Jakarta, Rakyatterkini.com - Dalam rangka memaksimalkan potensi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanah Datar, Bupati Eka Putra bersama Gubernur DKI Jakarta, melakukan penandatanganan kerjasama di bidang pariwisata dan ketahanan pangan, di Gedung Balai Agung Kantor Balai Kota Provinsi DKI Jakarta, Rabu (5/10/2022). 


Adapun kerjasama ini berawal dari adanya perbedaan potensi daerah, sehingga untuk pengembangan potensi tersebut, diperlukan kerjasama pertukaran pengetahuan dan informasi terkait program dan kegiatan pada masing-masing daerah. 


Tidak hanya itu, kerjasama juga dimaksudkan untuk mengintegrasikan dan mengoptimalkan pengelolaan potensi dan sumber daya yang ada, secara efektif dan efisien guna meningkatkan kemampuan kinerja kedua belah pihak dalam mengemban visi, misi, tugas dan fungsi untuk mendukung peningkatan pembangunan nasional, daerah dan kesejahteraan masyarakat.  


Gubernur DKI Jakarta Anis Rasyid Baswedan menyampaikan, ucapan terimakasih atas kerjasama ini. Karena, menurutnya DKI Jakarta memiliki ketergantungan terhadap daerah lain yang ada di seluruh Indonesia. 


"Kami memiliki ketergantungan terhadap daerah lain yang ada di Indonesia, terutama terkait dengan ketahanan pangan, karena warga Jakarta mengkonsumsi produk dari berbagai daerah dari seluruh Indonesia," ujarnya. 


Untuk itu, tambah Anis, pihaknya berharap kerjasama ini tidak menjadi sleeping MoU atau MoU yang tidur. Tapi, hendaknya menjadi MoU yang aktif yang sesudah ini ditindaklanjuti ke poses selanjutnya. 


Anis juga menyebutkan kerjasama hendaknya mampu untuk meningkatkan kesejahteraan bagi kedua daerah, terutama sekali dalam menghadapi dunia yang saat ini sedang menghadapi potensi resesi. 


"Dunia saat ini sedang menghadapi resesi, maka kegiatan kerjasama perekonomian antar wilayah di Indonesia harus ditingkatkan, dengan begitu perekonomian domestik akan bergerak. Sehingga, mampu meningkatkan kesejahteraan di masing-masing daerah," terang Anis. 


Sementara Bupati Eka Putra menyampaikan, kerjasama yang baru saja ditandatangani bersama Gubernur DKI Jakarta terkait dengan dua poin, yakni bidang pariwisata dan ketahanan pangan. 


"Kita berharap dengan adanya kerjasama ini, padi atau beras dari Tanah Datar bisa dikirim ke Jakarta dan dijual di sini," ujar Eka Putra. 


Sementara terkait kerjasama bidang pariwisata, diharapkan agar warga masyarakat DKI Jakarta ke depan akan lebih mengenal lagi tempat atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat, khususnya di Tanah Datar. 


"Kita harapkan dengan kerjasama ini tingkat kunjungan wisatawan yang datang ke Tanah Datar ke depan lebih meningkat lagi. Dan, lebih banyak lagi dengan begitu juga akan berimbas terhadap UMKM kita," jelas bupati. 


Turut mendampingi Bupati Tanah Datar pada kegiatan tersebut, Sekdakab Iqbal Ramadi Payana, Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmy Harun, Kadis Parpora Hendri Agung Indrianto serta Kabag Pemerintahan Abdurrahman Hadi. 


Pada kegiatan itu juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara Pemprov DKI Jakarta dengan 10 kabupaten dan kota lainnya, serta juga dilakukan serah terima hibah Kendaraan Dinas Operasional (KDO) pemadam kebakaran dari Pemprov DKI Jakarta kepada 14 pemerintah daerah yang ada di Indonesia. (Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update