Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Jembatan Usaha Tani di Kampung Lagan Kecil Butuh Perhatian Pemerintah

Minggu, 09 Oktober 2022 | 12:15 WIB Last Updated 2022-10-09T05:15:46Z

Jembatan usaha tani Kampung Lagan Kecil, Kecamatan Linggosari Baganti.


Painan, Rakyatterkini.com – Miris, jembatan usaha tani di Kampung Lagan Kecil, Kenagarian Lagan Gadang Mudik Punggasan Kecamatan Linggo Sari Baganti, Pesisir Selatan, butuh perhatian pemerintah yang serius, Minggu (9/10/2022). 


Warga sekitar Ransam, (70), keluhkan jembatan usaha tani penghubung antara Kampung Lagan kecil dan Kampung Lagan Gadang Mudik yang telah lama rusak parah.


Masyarakat berharap ke pihak pemerintah daerah melalui Dinas PUTR agar dapat melihat kondisi jembatan ini masih belum berubah, belum ada upaya untuk memperbaiki infrastruktur tersebut.


Masyarakat sangat berharap, adanya bantuan pembangunan jembatan penghubung antara Kampung Lagan Kecil dan Kampung Lagan Gadang, kepada Dinas PUPR Pesisir Selatan agar segera dapat membantu dalam pembuatan jembatan itu, karna jembatan ini satu-satunya akses menuju lahan pertanian warga.


Kondisi jembatan yang telah rapuh ini sangat membahayakan warga yang mau melintasi. Saat mengangkut hasil pertanian seperti Karet dan hasil tani lainnya.


Untuk sekarang dengan keterbatasan akses penghubung antara Kampung Lagan Kecil dan Kampung Lagan Gadang, Kecamatan Linggo Sari Baganti itu, sangat  terasa sulitnya bagi masyarakat dalam mengeluarkan hasil tani.


Warga Kampung Lagan Kecil berharap pemerintah daerah dapat  membangun jembatan yang telah lama dan rapuh itu dangan jembatan semipermanen.


Iwat Jali, Walinagari Lagan Gadang Mudik Punggasan, dengan dibangunnya infrastruktur jalan usaha tani dan jembatan penghubung di Kampung Lagan Kecil dan Kampung Lagan gadang.


Menurutnya banyak manfaat bagi masyarakat khususnya warga Kampung Lagan Kecil yang melewati jembatan itu, sehingga betul-betul dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar saat lewat di jembatan tersebut.


Tambahannya kalau sudah dibangun jembatan dan infrastruktur jalan usaha tani, otomatis juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat di Kampung Lagan Kecil. Ini sangat membantu bagi masyarakat dan memperlancar ekonomi parah petani tentunya.


Secara geografis, digambarkan walinagari Lagan Gadang Mudik Punggasan, Kampung Lagan kecil merupakan sebuah kampung yang dibintangi sungai yang menjadi pemisah Kampung Lagan Gadang, dengan lebar sungai sekitar + 15 meter tersebut juga banyak ditumbuhi perumputan dan kayu-kayu kecil yang rimbun di sepanjang aliran sungai.


Selain itu hal yang sangat mendukung adalah banyaknya lahan pertanian, itu akan dapat menambah daya saing dalam sektor pertanian. Ada sekitar 65 persen di Kampung Lagan Kecil, saat ini akses satu-satunya hanya melalui jalur jembatan itu.


Persoalan pendidikan dan melemahnya jaringan atau sinyal internet di Kampung Lagan Kecil juga perlu diperkuat, guna pencapaian terutama bagi para pelajar anak sekolah khusunya bagi pelajar yang berusan dangan jaringan internet. (baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update