Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Halley Bailey dalam Film The Little Mermaid 2023

Jumat, 07 Oktober 2022 | 10:00 WIB Last Updated 2022-10-07T03:00:53Z

Little Mermaid' live-action Disney movie debuts first look. (CNN)


Oleh: Muhammad Yusuf

Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris, Universitas Andalas


RAKYATTERKINI.COM - Halle Bailey merupakan seorang penyanyi dan juga aktrisblack American yang lahir pada 27 Maret 2000. 


Pada 10 September, Halle Bailey muncul pada trailer terbaru sebuah movie live action The Little Mermaid yang digarap oleh Disney. Pada trailer, terlihat bahwa Halle Baile memerankan tokoh Ariel. 


Ini menuai berbagai komentar positif dan juga negative dari berbagai kalangan media. 


Fenomena tersebut menggemparkan seluruh dunia, tidak hanya di Amerika, semua orang terutama kulit hitam merasa bahwa ini adalah suatu hal yang luar biasa. 


Semua anak kulit hitam merasa takjub bahwa figur ekartun berkulit putih yang menemani masa kecil mereka sekarang direpresentasikan oleh figur eberkulit hitam dimana hal ini membuat mereka merasa bahwa karak tertersebut semakin hidup.


Tindakan yang dilakukan Disney dengan memilih Halle Bailey sebagai pemain utama dalam The Little Mermaid 2023 menuai banyak kritik. 


Banyak yang mendukung Halle sebagai bentuk apresiasi karena telah memberikan gebrakan baru dalam dunia entertainment, dimana seorang kulit hitam menjadi aktris dalam live action yang sebelumnya diperankan oleh orang kulit putih.


“Orang-orang telah mengirimkan reaksi ini kepada saya sepanjang akhir pekan dan saya benar-benar kagum ️ini berarti dunia bagi saya💗😭” @hallebailey di twitter. 


Halle menerima berbagai macam video kompilasi dimana seorang gadis kecil berkulit hitam merasa bahagia melihat trailer the little mermaid 2023. ‘Aku menangis!’ ‘Kupikir dia itu hitam’ ‘Dia terlihat seperti aku! ‘Dia gelap’ dan masih banyaklagi.


Tak hanya itu, dalam postingan Instagram pribadi Halle Bailey, banyak orang memberikan komentar positif tentang pencapaiannya yang membuat semua perempuan kulit hitam merasa bangga karena mampu meraih sesuatu yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya. 


Seperti di komentar Instagram @chloebailey yang juga saudara perempuannya 'kamu membuat kami bangga berada di kulit apa yang kami miliki'. @franciaraisa 'Menangis!!! Sangat bangga padamu Halle!🥺🥺🥺'.


Seperti yang terlihat dari berbagai platform media sosial, reaksi publik, khususnya publik Amerika, sangat beragam. Berawal dari reaksi emosional dan bahagia anak-anak kulit hitam yang pada akhirnya karakter yang mereka sukai mewakili ras mereka. 


Karakter kartun Disney ini, yang selalu diwakili oleh sosok kulit putih atau bule, pertama kali diwakili oleh seorang Amerikan berkulit hitam.


Di samping menuai komentar positif, komentar negative juga mewarnai peluncuran teaser Little Mermaidini. Banyak yang menyayangkan keputusans utradara Bob Marshall yang memilih Halle Bailey sebagai aktris yang memerankan The Little Mermaid. 


Fans yang merasa tertrigger (tergerak) mengekspresikannya dengan menaikkan agar #NotMyAriel. Bahkan, teaser yang diluncurkan oleh pihak Disney mendesak pihak YouTube untuk menonaktifkan tombol dislike karena banyaknya dislike yang diberikan di video tersebut, sebanyak 1.5 juta.


Halle Bailey juga menuai berbagai komentarrasis di akun media sosialnya, seperti yang dilakukan oleh akun @somi_0809, ‘kau menghancurkan masa kecilku’, @emmicadeathangel, ‘film ini akan menjadi sebuah kegagalan besar, seperti lightyear’, @acashorefanscr, ‘batalkan filmnya, kita tidak ingin peran Ariel dimainkan oleh gadi sini.’ Berbagai komentar hujatan lainnya. (https://www.instagram.com/reel/CibH4Uugc-b/?igshid=YmMyMTA2M2Y=) 


Johny Green dalam postingannya di Quora menyatakan bahwa alasan Disney memutuskan Halle Bailey menjadi pemain utama adalah hanya karena perihal identitas suatu golongan. Hal tersebut demi menjaga nama baik Disney supaya tidak dipandang sebelah mata oleh raskulit hitam. 


Alasan kedua adalah karena Halle Bailey dicap kemampuan aktingnya tidak terlalu professional sehingga bayaran untuk syutingnya lebih murah dibanding artis papanatas lain. (https://qr.ae/pveswN).


‘Hukum mata diganti mata membuat seluruh dunia menjadi buta (Mahatma Gandhi)’. Etnisitas Halle Bailey bukanlah sesuatu yang menentukan keseluruhan jalan cerita The Little Mermaid. Warna kulit Ariel bisa siapa saja, baikitu orang kulit berwarna, orang kulit putih, atau bahkan orang Asia. 


Ras dalam hal ini seharusnya tidak menjadi perbedaan yang signifikan. Orang bisa menjadi apa saja tanpa sesuatu yang bisa menjadi hambatan baginya untuk menjadi hal itu. (*)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update