Notification

×

Iklan

Dibuka Bupati Eka Putra, 46 Ekor Kuda Kembali Berpacu

Minggu, 16 Oktober 2022 | 23:03 WIB Last Updated 2022-10-16T16:03:51Z

Alek Anak Nagari Pacu Kuda Open Race dan Tradisional tahun 2022 di Kabupaten Tanah Datar,
 

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Diawali dengan penyerahan gelanggang oleh ninik mamak tiga nagari, yakni Nagari Baringin, Saruaso dan Pagaruyung kepada Pemkab Tanah Datar dan penyerahan bendera Pordasi dari panitia pelaksana kepada Bupati Tanah Datar, kemudian, diserahkan kepada Ketua Pordasi Sumbar. 


Alek Anak Nagari Pacu Kuda Open Race dan Tradisional tahun 2022 di Kabupaten Tanah Datar, yang digelar di Lapangan Pacu Kuda Dang Tuanku Bukit Gombak, Minggu (16/10/2022) dibuka secara resmi Bupati Eka Putra. 


Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Czi. Sutrisno selaku Ketua Panitia Alek menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Pemda dan juga para ninik mamak di tiga nagari yang telah mendukung penuh pelaksanaan alek anak nagari tersebut. 


Letkol Czi Sutrisno juga berharap, agar pelaksanaan alek ini mampu semakin menumbuhkan adat kebudayaan masyarakat Minangkabau, khususnya Tanah Datar. 


Sementara Ketua Pordasi Sumbar, Deri Asta yang juga Walikota Sawahlunto itu menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Pemda Tanah Datar yang selama ini tetap berkomitmen mendukung alek pacu kuda di Sumatera Barat. 


"Saya atas nama masyarakat berkuda Sumatera Barat berterima kasih kepada Pemda Tanah Datar, yang telah melaksanakan alek pacu kuda ini. Adalah alek yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat pecinta pacu kuda di Sumatera Barat," ujar Deri Asta. 


Selaku Ketua Pordasi Sumbar, Deri Asta juga menyampaikan bahwa pihaknya saat ini, sedang melakukan evaluasi untuk menertibkan alek pacu kuda di Sumatera Barat. 


"Pordasi Sumbar akan terus berbenah, agar alek pacu kuda semakin tertib dan pelaksanaannya semakin baik. Dari itu, untuk menunjukkan keseriusannya, Pordasi juga akan melakukan verifikasi, sekaligus sertifikasi kepada para joki dan pelatih kuda yang ada di Sumbar," jelasnya. 


Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya saat membuka Alek Nagari Pacu Kuda Open Race dan tradisional tahun 2022, merasa bangga sekaligus bahagia, karena penantian masyarakat Tanah Datar hari ini, terpenuhi setelah selama dua tahun alek pacu kuda tidak dilaksanakan akibat pandemi. 


Bupati Eka Putra juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan penuh dari para ninik mamak, khususnya ninik mamak Nagari Baringin, Saruaso dan Pagaruyung. 


"Alhamdulillah, Atas dukungan para niniak mamak alek anak nagari pacu kuda di lapangan Dang Tuanku Bukit Gombak ini dapat terlaksana. Saya berharap kita selalu kompak dan bersatu, mari kita siapkan alek pacu kuda untuk tahun-tahun berikutnya secara bersama," ajak Eka Putra diakhir arahannya. 


Perlu diketahui bersama pada alek anak nagari pacu kuda open race dan tradisional tahun 2022 di kabupaten Tanah Datar ini akan diikuti sebanyak 46 ekor kuda dengan kelompok pacuan sebanyak 12 race. 


Di kesempatan itu, juga diserahkan bantuan dari bank Nagari kepada panitia alek anak nagari pacu kuda Open Race dan Tradisional tahun 2022 sebesar 55 juta rupiah, yang diberikan oleh Pmpinan Divisi Kepatuhan Bank Nagari Sumbar Andria Eka Putra kepada ketua panitia Letkol Czi Sutrisno. (Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update