Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bupati Eka Putra Buka event Jelajah Wisata Pesona Pagaruyung

Minggu, 02 Oktober 2022 | 15:19 WIB Last Updated 2022-10-02T08:19:15Z

Bupati Eka Putra.
 

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Pelaksanaan program unggulan pemerintah Kabupaten Tanah Datar Satu Nagari Satu Event, sudah sampai pada putaran yang ke-10. Bertajuk jelajah wisata pesona Pagaruyung, event kali diselenggarakan di Nagari Pagaruyung. 


Dihadiri langsung Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) RI, Afriansyah Noor, event jelajah wisata pesona Pagaruyung dibuka secara resmi oleh Bupati Eka Putra, SE. MM., Sabtu (1/10/2022) di lingkungan kantor Walinagari Pagaruyung. 


Dalam sambutannya bupati mengemukakan, pelaksanaan event kali ini patut dicatat menggunakan tinta emas. 


"Hari ini perlu kita catat dengan tinta emas, bahwa pelaksanaan program unggulan Satu Nagari Satu Event di Nagari Pagaruyung itu, dihadiri langsung oleh Wamenaker RI bersama staf khusus Kementerian Koperasi dan UMKM RI. Belum pernah sebelumnya pelaksanaan program Satu Nagari Satu Event dihadiri oleh pejabat dari pusat dan baru kali ini terjadi," tuturnya. 


Bupati Eka Putra mengatakan, pemerintahan kabupaten telah menetapkan pariwisata sebagai sektor unggulan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, karena sektor ini memiliki banyak multiplier effect. 


Menurutnya, sektor pariwisata akan mampu memajukan pertanian, industri kecil, perdagangan, transportasi, kuliner, dan penyerapan tenaga kerja serta beberapa bidang lainnya. 


"Salah satu program kerja di sektor pariwisata kami adalah Satu Nagari Satu Event. Setiap nagari di Tanah Datar mempunyai event wisata yang bernilai jual tinggi dan diminati oleh para wisatawan. Melalui pelaksanaan event ini kami harapkan akan memacu aktifnya sanggar-sanggar kesenian di nagari, klub olahraga, UMKM, meningkatkan kunjungan wisata ke nagari dan akhirnya terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat," terang Eka Putra. 


Seperti halnya laporan panitia pelaksana tambah Bupati Eka Putra, dari 9 pelaksanaan program Satu Nagari yang sudah dilaksanakan telah terjadi perputaran uang sekitar Rp7 miliar, dengan pengunjung mencapai 60 ribu orang lebih. 


Bupati  berharap, dengan adanya event ini akan dapat kembali mengenalkan kekayaan adat budaya Nagari Pagaruyung, untuk selanjutnya diwariskan ke anak cucu generasi penerus nantinya. Tidak itu saja, dengan adanya event ini berbagai potensi Nagari Pagaruyung tentunya akan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat dan pengunjung. (Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update