Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Tahun Ini, Budidaya Cabai dan Ikan Air Tawar Kegiatan Ketahanan Pangan Pemdes Sungai Besar Hilir

Senin, 03 Oktober 2022 | 13:28 WIB Last Updated 2022-10-03T06:28:56Z

Kantor Desa Sungai Besar Hilir, Kecamatan Pucuk Rantau.
 

Kuansing, Rakyatterkini.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Sungai Besar Hilir, Kecamatan Pucuk Rantau, Kuansing, Riau, mengalokasikan 20 persen dana desa tahun 2022 untuk program ketahanan pangan nabati dan hewani.


Kades Sungai Besar Hilir, Iskandar, menyebutkan, kegiatan yang kini dalam proses pengerjaan itu, adalah sebagai wujud ketersediaan dan keamanan pangan masyarakat dengan basis pengelolaan sumber daya dan kearifan lokal.


"Tahun ini, kita mengalokasikan 20 persen dana desa untuk ketahanan pangan sumber daya nabati dan hewani. Dan saat ini dalam proses pengerjaan, yaitu budidaya cabai serta budidaya ikan air tawar," ujar Iskandar kepada Rakyatterkini.com, Sabtu (1/10/2022).


Menurutnya, membudidayakan ikan air tawar jenis nila dan lele cukup menguntungkan karena pemeliharaan, perawatan dan pakan yang mudah. Sedangkan dua jenis ikan ini merupakan primadona yang sangat digemari oleh masyarakat.


"Masyarakat perlu mengkonsumsi ikan air tawar dalam jumlah yang cukup, karena kandungan protein dan vitamin tinggi. Maka itu, kita budidayakan ikan nila dan lele ini juga bagus dikonsumsi anak-anak untuk pertumbuhan mereka," ucapnya.


Begitupun budidaya cabai, Iskandar menambahkan, dipilihnya komoditas pertanian jenis cabai merah dan rawit, lantaran jenis bahan masakan ini merupakan salah satu komoditas yang sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat.


"Cabai merah dan rawit komoditas pertanian penting. Dan membudidayakan juga tidak begitu rumit, sekalipun di dataran tinggi, di bawah matahari bersinar penuh, cabai bisa tumbuh dengan baik asal mendapat pasokan air yang cukup," jelasnya lagi.


Iskandar berharap, kegiatan ketahanan pangan desa yang tengah dikerjakan dan dikelola oleh kelompok masyarakat itu dapat terlaksana dengan baik, sehingga nanti hasilnya memberikan manfaat untuk pemenuhan kebutuhan pangan bagi masyarakat desa itu sendiri. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update