Notification

×

Iklan

Wabup Richi Aprian Tinjau Rencana Pembangunan Embung di Nagari Supayang

Sabtu, 24 September 2022 | 11:02 WIB Last Updated 2022-09-26T00:46:14Z

Wabup Richi Aprian tinjau lokasi pembangunan embung di Nagari Supayang bersama warga.
 

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Didasari aspirasi dari masyarakat Nagari Supayang, Kecamatan Salimpaung, yang menginginkan untuk dibangunnya embung guna mengaliri sawah masyarakat, maka Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian bersama rombongan meninjau rencana lokasi pembangunan embung, Jumat (23/9/2022) di Lembah Tanjung Jati. 


Untuk memastikan lokasi pembangunan embung dan sumber mata air, Wabup Richi menelusuri jalan setapak yang ditutupi semak belukar dan licin sejauh 5 kilometer, dari pusat perkampungan warga. Meski begitu, orang nomor dua di Luhak nan Tuo itu, tetap semangat. Terlebih, Wabup Richi turut langsung didampingi Camat Salimpaung Herru Rachman, Walinagari. Supayang M. Nasir dan masyarakat. 


Setelah sampai di lokasi, Wabup Tanah Datar mengemukakan, negeri yang penuh berkah, punya gunung dan mata air yang luar biasa. Salah satu unsur tersebut akan dimanfaatkan untuk meningkatkan indeks pertanian dan ketahanan pangan, salah satunya dengan ketersediaan air untuk pertanian. 


"Alhamdulillah, di perbukitan Nagari Supayang yang berlokasi di Lembah Tanjung Jati ada sumber mata air dan debitnya cukup besar. Untuk itu, mari kita bersama-sama memanfaatkannya, sekaligus sebagai salah satu langkah utama untuk membangun embung," kata wabup lagi. 


Dia menambahkan, dengan dibangunnya embung bisa mengaliri sawah pertanian dari tadah hujan, menjadi teraliri. Sehingga, indeks pertanian bertambah dari lebih kurang 200 hektare sawah di Nagari Supayang, bahkan dengan sumber mata air yang alami ini, juga bisa dijadikan sumber air bersih. 


wabup juga mengapresiasi apa yang telah dilakukan masyarakat, yang telah bersedia  menghibahkan lahan karena pembangunan ini akan bermanfaat bagi masyarakat.


"Mudah-mudahan kerjasama yang baik antara masyarakat dan juga ninik mamak Supayang, pembangunan ini akan cepat terealisasi," tuturnya.


Walinagari M. Nasir menyebutkan, apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan daerah yang telah terjun langsung, guna meninjau apa yang menjadi aspirasi dari masyarakat nagari. Ia berharap pembangunan embung yang diharapkan masyarakat segera terwujud. 


"Terima kasih atas kehadiran bapak wabup yang langsung turun meninjau lokasi rencana pembangunan embung ke sumber mata air di perbukitan Lembah Tanjung Jati ini," ucap M. Nasir. (Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update