Notification

×

Iklan

Wabup Richi Aprian Melepas Peserta Kemah Karya Pramuka Madrasah (KKPM) Tingkat Sumbar

Selasa, 27 September 2022 | 15:28 WIB Last Updated 2022-09-28T02:11:01Z

Wabup Richi Aprian.
 

Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Kegiatan pramuka merupakan salah satu wahana pembinaan pendidikan karakter dan jiwa sportifitas siswa. Sehingga, mampu membentuk karakter kuat, sekaligus bisa menghadapi tantangan kehidupan di zaman globalisasi dan digitalisasi. 


Demikian dikemukakan Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian yang juga menjabat sebagai Ketua Kwarcab 0304, saat melepas 96 peserta Kemah Karya Pramuka Madrasah (KKPM) Tingkat Sumatra Barat, Selasa, (27/9/2022) di Halaman MTsN 6 Tanah Datar. 


"Tantangan ke depan tidak mudah, perkembangan zaman yang semakin modern harus bisa dibendung ataupun difilter, sehingga tidak terjebak dalam berbagai perbuatan negatif," kata Richi. 


Karena itu, tambah wabup, diharapkan peranan pramuka dalam menyikapi perkembangan zaman tersebut. 


"Anggota pramuka dituntut memberikan contoh dengan menjadi pribadi yang bertanggungjawab terhadap diri sendiri dalam menjalankan kewajiban beragama, antar sesama dan negara yang tertuang pada dasa darma dan trisatya pramuka," ujarnya. 


Disebutkan, dengan adanya kegiatan KKPM diharapkan kepada semua peserta mampu memanfaatkan momentum ini, untuk mengembangkan kemampuan diri, belajar mengatasi tantangan, mempraktikkan keterampilan yang dipelajari dan berbaur dengan baik, antar sesama anggota pramuka dari seluruh kabupaten/kota lainnya. 


"Raihlah prestasi sebanyak mungkin, tanpa menghilangkan jati diri, jaga nama baik keluarga, daerah dan sekolah dengan menjadi insan pramuka sejati. Dan kepada seluruh pembina dan pengurus, mari kita saling koordinasi dan kolaborasi untuk menjadikan Pramuka 0304 Tanah Datar semakin baik ke depannya," tukas Richi. 


Ketua Kontingen Pramuka Sabrimen mengemukakan, peserta terdiri dari murid Madrasah Ibtidaiah (MI) 20 orang, peserta Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebanyak 32 orang dan peserta Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 32 orang serta pendamping sebanyak 12 orang. 


"Kegiatakan dilaksanakan pada 28 September sampai 2 Oktober 2022 di Asrama Haji Embarkasi Padang di Padang Pariaman, dimana para peserta akan mengikuti 7 perlombaan, yakni lomba tapak perkemahan, tahfizh, pentas seni, menanam pohon, PBB, madrasah EXPO khusus madrasah dan lomba khutbah dan pidato khusus untuk kepada madrasah," tuturnya. 


Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka Kankemenag) Tanah Datar Syahrul menyampaikan, kegiatan KKPM memang bertujuan untuk menggembleng siswa untuk menjadi lebih terampil dan berkarakter kuat. 


"Dengan kegiatan kepramukaan ini, diharapkan lahir generasi muda yang mempunyai kepribadian bertanggungjawab yang adaptif, inovatif dan kreatif serta tangguh dalam menghadapi tantangan zaman," katanya. (Farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update