Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis 29 September 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pulihkan Ekonomi, Pasaman Equator Festival Digelar

Kamis, 22 September 2022 | 22:48 WIB Last Updated 2022-09-23T01:00:30Z

Ilustrasi.
 

Pasaman, Rakyatterkini.com - Sebagai salah satu daerah yang dilewati garis Khatulistiwa, Pemerintah Kabupaten Pasaman, melaksanakan perayaan titik kulminasi di Kecamatan Bonjol, dalam bentuk Pasaman Equator Festival yang akan dilaksanakan di Museum Tuanku Imam Bonjol, mulai 20 - 24 September 2022.


Festival dengan tema Perayaan Titik Kulminasi Matahari ini, juga akan dimeriahkan dengan wisata edukasi, pentas seni hingga bazar UMKM.


Demikian dikemukakan Kepala Bidang Pariwisata Pasaman, Ahdi Susanto kepada Rakyatterkini.com, Rabu (21/9/2022).


Ia menyebutkan, akan ada beragam perlombaan yang bakal diikuti oleh siswa setingkat SD dan SMP. Ditambahkan, ini untuk menyemarakkan momen tersebut. 


"Perayaan ini kita laksanakan, terutama sekali wisata edukasi dengan kegiatan belajar dan bermain di alam dalam bentuk lomba melukis, mewarnai, dan congklak untuk tingkat SD. Lomba cerdas cermat, bercerita dan mengarang tingkat SMP," ujar Ahdi.


Ahdi Susanto juga menjelaskan, daya tarik wisata dalam rangka titik kulminasi ini, yakni peragaan fenomena alam titik kulminasi tersebut, dilaksanakan dalam bentuk paparan ilmiah oleh BMKG Padang Panjang serta diikuti dengan pembuktikan titik kulminasi itu sendiri.


"Puncak acara titik kulminasi  pada 23 September 2022, akan dipaparkan langsung secara ilmiah oleh BKMG Padang Panjang," katanya lagi.


Dia menyebutkan, untuk meriahnya perayaan juga ditampilkan berbagai kesenian daerah, sehingga menjadi momen pemulihan ekonomi bagi Pasaman, khususnya dalam sektor pariwisata.


“Agar perayaan lebih dirasakan masyarakat, maka diadakan berbagai kegiatan seperti bazar dari UMKM. Ini juga tahun pertama yang mana festival itu bisa menghidupkan ekonomi lagi pasca pandemi, sekaligus pemulihan ekonomi bagi Pasaman sendiri,” ucapnya. (rel)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update