Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis 29 September 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

PT. Semen Padang Apresiasi Program EBT Pemko Sawahlunto

Jumat, 16 September 2022 | 22:04 WIB Last Updated 2022-09-17T03:34:03Z

Wako Sawahlunto, Deri Asta bersama Direktur Keuangan PT.Semenpadang,Oktoweri.
 

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Program Energi Baru Terbarukan (EBT) yang dikoordinir Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPKP2LH) Kota Sawahlunto, mendapat apresiasi dari PT. Semen Padang (Tbk).


Secara khusus, Walikota Sawahlunto, Deri Asta didampingi Kepala DKP2LH, Adrius Putra dan Pejabat Fungsional Sub Koordinator Perencanaa dan Tata Lingkungan, Andri Maha Putra melakukan kunjungan kerja ke PT. Semen Padang, Kamis (15/9/2022) di Indarung, Kota Padang, guna mengantarkan dan memaparkan program yang tengah dilakukan Pemko Sawahlunto dalam pegelolaan sampah sebagai bahan baku sumber Energi Baru Terbarukan. 


Direktur Keuangan PT. Semen Padang, Oktoweri mewakili Dirut Semen Padang, didampingi Kepala Departemen Perencaan dan Pengendalian Produksi, Juke Ismara, Kepala Humas, R. Nita, Pejabat Penanggung Jawab Program Nabung Sarok, Doce Delson, menyambut antusias program yang ditawarkan Pemko Sawahlunto.


"Program yang dilakukan Pemko Sawahlunto sejalan dengan apa yang tengah kita lakukan saat ini dalam pengelolaan sampah, melalui aplikasi Nabung Sarok," kata Oktoweri.


Disebutan, sampah yang berasal dari Sawahlunto sesuai disepakati jenisnya akan diproses menjadi bahan baku energi baru terbarukan. Kemudian, dalam waktu dekat ini dan bisa langsung diakses oleh Pemko Sawahlunto adalah program penghijauan yang saat ini dilakukan PT. Semen Padang.


"Kita siapkan bibit kaliandra, silahkan Pemko bagikan ke masyarakat untuk dibudidayakan dan dengan pengelolaan Pemko, bibit yang tumbuh akan kita beli untuk disebarkan penanamannya di lahan kritis rawan longsor dan erosi," pungkasnya.


Pohon kaliandra ini bisa mencapai ketinggian 5 - 12 meter, di samping tumbuhan penghijauan pohon ini juga bisa menahan erosi/longsor, makanan ternak, menambah humus tanah, memperbaiki struktur tanah, memberantas tanaman liar dan jadi tanaman hias.


Walikota Sawahlunto, Deri Asta pun menyambut antusias program kerjasama yang ditawarkan PT. Semen Padang itu.


"Atas nama pemerintah dan masyarakat Sawahlunto, kita sangat apresiasi dan terimakasih kepada PT. Semen Padang atas perhatian dan suportnya pada program-program penghijauan dan pengelolaan sampah Kota Sawahlunto. Satu yang kita minta, PT. Semen Padang malah memberi lebih banyak," ujar Deri Asta.


Menurut Kepala DKP2LH, Adrius Putra secara terpisah mengungkapkan,Dinas KP2LH akan segera menindaklanjuti kesepakatan awal antara Pemko Sawahlunto dengan PT. Semen Padang ini. (Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update