Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Penutupan Iven Rang Solok Baralek Gadang Ditandai Suguhan Nasi Baronjin

Minggu, 25 September 2022 | 20:15 WIB Last Updated 2022-09-26T00:35:02Z

Iven RSBG resmi ditutup. Ini ditandai dengan suguhan nasi baronjin.
 

Kota Solok, Rakyatterkini.com - Perhelatan Rang Solok Baralek Gadang (RSBG) yang berlangsung selama empat hari dimulai dari 22 - 25 September 2022 berakhir dengan pelaksanaan pawai budaya dan makan nasi baronjin di lokasi hamparan sawah, tempat berlangsungnya iven itu, Minggu 25 September 2022.


Usai pawai yang menampilkan keberagaman adat, tradisi dan budaya yang diikuti 2 kecamatan dan 13 kelurahan se-Kota Solok tersebut, juga  berlangsung acara penutupan yang dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno diwakili Direktur Pemasaran Pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dwi Marhen Yono.


Turut hadir Walikota Padang Panjang, Fadly Amran, Pj. Walikota Payakumbuh, Rida Ananda, para kepala daerah tetangga, Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Solok, Ketua TP-PKK Sumbar, Ny. Harnelli Mahyeldi, Ketua TP-PKK Kota Solok, Ny. Zulmiyetti Zul Elfian Umar, Ketua TP-PKK se-provinsi. 


Dalam laporannya, Ketua Panitia Jefrizal mengatakan, pelaksanaan iven (RSBG) berjalaan lancar dan sukses. Buktinya, hampir 25 ribu pengunjung yang berdangan dari Provinsi Sumbar dan luar Provinsi Sunbar. Bahkan, turis mancanegara seperti Polandia, Australia, Singapore dan Malaysia datang melihat helat bergensi Kota Solok itu.


"Ini diluar dugaan kami sebelumnya. "Insya Allah, pencapaian ini tentunya  berdampak  secara langsung maupun tidak langsung pada perekonomian masyarakat," ujarnya lagi.


Dikatakan, kegiatan selama iven berlangsung mulai dari batulak bala, tari kolosal, urang-urang sawah, batuang gilo, silek basilumuh, festival layang-layang, festival silek dan pargelaran seni di malam harinya.


Ketua LKAAM Kota Solok, H. M. Rusli Khatib Sulaiman didampingi Ketua KAN dan Ketua Bundo Kanduang Kota Solok mengungkapkan, Kota Solok merupakan kota kecil di Sumatera Barat yaitu sebuah kota Unik dimana di dalam nagari ada sebuah kota. Dan, di dalam sebuah kota ada nagari yang memiliki beragam budaya, yang harus dilestarikan. Kota Solok juga memiliki pemimpin dan masyarakat yang santun.


Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengapresiasi atas kesuksesan iven Rang Solok Baralek Gadang ini. Seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar serta  dampak putaran perekonomian dari RSBG ini, sangat besar sekali. Ini terlihat dari  senyuman para pedagang yang ditemui, karena dagangannya laku selama iven berlangsung.


"Semua itu terwujud dan tak terlepas dari buah kekompakan, sinergi dan kolaborasi Walikota Solok dan Wakil Walikota Solok bersama seluruh stakeholder terkait. Ini merupakan modal utama kemajuan suatu daerah, karena kompak tahun 2023 nanti kita akan bantu Rp50 miliar," sebut gubernur.


"Beliau berjanji akan selalu mendukung dan membantu apapun yang diperlukan demi kebaikan masyarakat Sumbar," ujarnya.


Gubernur juga mengemukakan, pada 1 Oktober 2022 mendatang, bertepatan dengan HUT Provinsi Sumbar, akan dimulai penerbangan perdana pesawat jurusan Padang (Indonesia) - Kuala Lumpur (Malaysia) secara langsung. Ini merupakan langkah strategis untuk memajukan pariwisata di Provinsi Sumatera Barat.


Walikota Solok, Zul Elfian Umar mengucapkan syukur alhamdulillah berkat doa dan dukungan bersama. Sehingga, acara RSBG yang didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dapat berjalan baik dan lancar.


"Ini merupakan bukti, jika telah bersama-sama dalam menjalankan suatu kegiatan, maka tidak ada yang berat tidak bisa dipikul dan yang ringan tidak bisa dijinjing. Kekuatan ini juga menjadi suatu faktor kita dalam mewujudkan Solok Berkah, Maju dan Sejahtera (Berjuara)," ujar walikota.


Dengan keberhasilan iven RSBG tahun 2022 ini, semoga tahun depan Kota Solok akan masuk lagi dalam Kharisma Event Nusantara (KEN).


Acara penutupan ditandai dengan suguhan masakan khas Solok yaitu nasi baronjin, sebuah nasi yang dibungkus menggunakan berlapis daun pisang dan dibentuk berbentuk kerucut. (dd)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update