Notification

×

Iklan

Desa Agrowisata, Pemkab Solsel Gelar Festival Durian 2022

Senin, 26 September 2022 | 07:33 WIB Last Updated 2022-09-26T00:33:14Z

Bupati Solsel Khairunas, wabup Yulian Efi, dalam kegiatan festival durian 2022.

Padang Aro, Rakyatterkini.com - Pemerintah kabupaten telah membuka secara resmi festival Durian Solok Selatan 2022 untuk kedua kalinya, Minggu 25 September 2022.


Pulau Mutiara, objek wisata alam tepian batang Sangir, Nagari Lubuk Gadang Utara yang kaya akan durian yang berumur ratusan tahun. Tak salah jika pemerintah provinsi menetapkannya sebagai salah satu dari 50 desa wisata di Sumatera Barat.


Bupati Solok Selatan, Khairunas mengapresiasi Pemerintah Nagari Lubuk Gadang Utara yang telah menggagas festival tahunan ini.


"Atas nama pemerintah kabupaten, kami mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya festival durian untuk kedua kalinya ini. Inovasi ini hendaknya dipertahankan untuk memajukan pariwisata Solsel," ucap bupati.


Melalui festival hendaknya durian Solok Selatan semakin dikenal di Sumbar bahkan Indonesia. Apalagi potensi agrowisata durian tersebut turut didukung pemerintah provinsi dengan telah dikeluarkanya SK Gubernur tentang penunjukan desa wisata dalam rangka pembinaan desa agrowisata.


Betapa tidak, rasa durian Solsel memiliki khas tersendiri yang tidak kalah dengan durian lainnya di Indonesia, seperti durian Rajo Silului, sebagai pemenang festival tahun lalu.


"Dengan pelaksanaan festival, diharapkan dapat memajukan UMKM, kegiatan yang dilaksanakan setiap minggunya agar menyesuaikan produknya apa yang dibutuhkan masyarakat, bahkan dapat juga menjual pakaian, karena ini peluang yang harus dimanfaatkan", sebut Khairunas.


Berbagai kegiatan telah dimulai sejak malam minggu (24/09), dimulai dengan iven 'maambang durian'. Segenap jajaran pemerintah turut hadir di tengah masyarakat dan mendukung tradisi tersebut.


Maambang durian merupakan kegiatan yang dilakukan masyarakat nagari untuk menunggu durian jatuh. Dimana kegiatan ini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari musim durian.


Menurut Bupati Khairunas, tradisi tersebut hendaknya harus dipertahankan dan melalui festival ini, kegiatan tersebut akan dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat.


Menurut rencana, pada Kamis depan (29/9/2022), acara puncak dengan penutupan festival oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy.


Dua potensi agrowisata Solok Selatan yang ditetapkan pemerintah provinsi, yakni potensi durian Nagari Lubuk Gadang Utara dan manggis di Nagari Ranah Pantai Cermin. (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update