Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis 29 September 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pemkab Solsel Siapkan Tenaga Kerja Terampil dan Profesional

Selasa, 13 September 2022 | 21:16 WIB Last Updated 2022-09-13T14:16:00Z

Peserta sosialisasi foto bersama.


Padang Aro, Rakyatterkini.com – Meningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja di Solok Selatan, pemerintah kabupaten lakukan sosialisasi terkait tata cara pendirian sekaligus pembinaan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Swasta. 


Kegiatan ini dibuka Ketua TP PKK Solok Selatan, Ny Erniati Khairunas mengatakan sosialisasi merupakan bagian integral dari sistem pengembangan SDM dalam rangka mempersiapkan tenaga kerja di Solok Selatan yang terampil dan professional.


Untuk itu, peran Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Swasta sangat penting untuk mewujudkan hal tersebut. Sehingga dapat menjawab kebutuhan dunia kerja dan untuk meningkatkan produktivitas masyarakat melalui pelatihan-pelatihan.


Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinakertrans) Solsel menyebut kegiatan sosialisasi ini menyasar Lembaga BLK, PKBM dan Bimbingan Belajar (Bimbel), kursus dan pelatihan dengan peserta sebanyak 30 orang. 


Menjawab tantangan terkait isu ketenagakerjaan, kegiatan ini juga merupakan sinergitas dan kerjasama antara Disnakertrans dan stakeholder terutama LPK Swasta. 


Menurut Kepala Dinas Nakertrans, Basrial, tujuan sosialisasi sekaligus pembinaan ini adalah sebagai upaya untuk mendorong peserta pelatihan memiliki izin usaha dan mengikuti standar LPK sesuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 17 Tahun 2016 Tata Cara Perizinan Dan Pendaftaran Lembaga Pelatihan Kerja.


Dimana dalam Pasal 3 (1) tertungan LPK Swasta dalam menyelenggarakan pelatihan kerja bagi masyarakat umum wajib memiliki izin yang diterbitkan oleh kepala dinas kabupaten/kota, dalam hal ini oleh Kepala Dinas Nakertrans Solok Selatan. (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update