Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis 29 September 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Karang Taruna Dibutuhkan dalam Pembangunan Nagari

Selasa, 13 September 2022 | 21:21 WIB Last Updated 2022-09-13T14:21:40Z

Bupati Solok Selatan, Khairunas, dalam acara pelatihan karang taruna.


Padang Aro, Rakyatterkini.com – Karang Taruna sebagai organisasi sosial kemasyarakatan sangat dibutuhkan dalam proses pembangunan di nagari setempat. 


Peran yang diemban tersebut perlu dioptimalkan dan didorong apalagi terkait dengan pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang. Untuk itu, Pemkab Solok Selatan lakukan pelatihan terhadap Karang Taruna Nagari, Selasa (13/9/2022).


Pelatihan Karang Taruna ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan kesadaran dan tanggung jawab sosial sebagai generasi muda dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah sosial di nagari.


Selain itu, Karang Taruna hendaknya dapat menciptakan inovasi, kreatifitas dan produktifitas serta ikut mendorong kewirausahaan di kalangan pemuda. 


Menurut Bupati Khairunas, Karang Taruna merupakan salah satu unsur organisasi yang mesti menjadi yang terdepan sebagai penggerak dalam merespon dan menjadi mitra strategis pemerintah.


"Karang Taruna tidak hanya identik dengan panitia Agustusan saja, karang taruna harus mampu ikut ambil peran dalam pelaksanaan pembangunan dan kemajuan Kabupaten Solok Selatan", tegasnya. 


Karang Taruna hendaknya juga harus ikut berperan dan menyukseskan program tersebut. Seperti menciptakan Entrepreneur muda, ikut serta mengembangkan potensi wisata, dan juga ikut menekan aksi-aksi negatif anak muda dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang positif. 


Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Solok Selatan, Syamsuria mengatakan pelaksanaan Pelatihan Karang Taruna Tahun 2022 ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi karang taruna sebagai unsur pendukung yang sangat penting dalam pembangunan daerah, apalagi di nagari.


Ke depannya, Pemkab Solok Selatan mengharapkan sinergitas semua elemen masyarakat dapat saling berperan dan bergotong royong untuk mencapai kemajuan pembangunan yang dimulai dari tingkatan bawah di masing-masing nagari. 


Pada kesempatan tersebut, juga diserahkan dana zakat untuk beasiswa, penyerahan bantuan konsumtif lansia dan penyaluran dana zakat usaha ekonomi produktif dari Baznas Solok Selatan. (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update