Notification

×

Iklan

Pemkab Solsel Bagikan Ribuan Seragam Gratis untuk Siswa Peserta Didik Baru

Selasa, 20 September 2022 | 18:05 WIB Last Updated 2022-09-20T11:05:02Z

Bupati Khairunas seragam gratis bagi siswa peserta didik baru.
 

Padang Aro, Rakyatterkini.com - Peningkatan mutu dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) bidang pendidikan, merupakan salah satu prioritas pemerintah daerah. Salah satu upayanya adalah dengan pembagian seragam sekolah gratis untuk siswa peserta didik baru. 


Sejak diluncurkan pada tahun 2021 lalu, program seragam sekolah gratis untuk siswa peserta didik baru, terus berlanjut pada tahun ini. Sebanyak 5.282 orang siswa baru akan mendapatkan seragam gratis secara bertahap dari pemerintah kabupaten.


Pemkab Solok Selatan bertahap telah mulai mendistribusikan seragam sekolah gratis, untuk siswa peserta didik baru SD/SMP. Secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Solok Selatan, H. Khairunas bersama Wabup, H. Yulian Efi, Sekdakab dan Forkopimda di SMPN 14 Solok Selatan di Sungai Lambai.


Bupati Khairunas mengemukakan, pemberian seragam gratis adalah upaya pemerintah kabupaten untuk meringankan beban para orangtua, dan juga sebagai motivasi bagi siswa-siswi di Solok Selatan.


"Program seragam gratis bertujuan untuk meringankan beban orangtua, dan juga sebagai motivasi bagi anak-anak kami, untuk terus belajar dan menimba pendidikan, karena mereka adalah generasi penerus yang harus dipersiapkan dari sekarang," tutur bupati pada kegiatan pembagian seragam sekolah gratis SD/SMP Negeri se-Kecamatan Sangir itu, Selasa (20/9/2022).


Selain itu, program seragam sekolah gratis juga merupakan bentuk komitmen pemerintah kabupaten dalam merealisasikan visi dan misi di bawah kepemimpinan Bupati Khairunas dan Wakil Bupati Yulian Efi, sebagaimana yang telah tertuang dalam APBD Solok Selatan.


Pada kesempatan tersebut, bupati juga mengajak seluruh elemen terkait untuk bekerjasama, menyukseskan dan berupaya untuk memajukan pendidikan di Solok Selatan.


Informasi Kepala Dinas Pendidikan, Drs. Syamsuria menyebutkan, pembagian seragam sekolah gratis akan dibagikan kepada semua kecamatan lainnya di Solok Selatan. Mulai siswa SD, SMP, SMA dan sekolah madrasah lainnya.


"Kegiatan ini merupakan minggu pertama dilaksanakan di Kecamatan Sangir. Hari Kamis akan dibagikan pada Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh. Dan seterusnya akan dibagikan pada semua kecamatan," kata Syamsuria.


Pada kesempatan yang sama pemerintah juga memberikan penghargaan kepada Aditya Prastio dan Yoga Zulianda, yang merupakan siswa-siswi SMPN 14 Solok Selatan, atas prestasinya memperoleh medali emas pada lomba Bahasa Inggris dan bidang IPS pada ajang olimpiade bulan lalu. Selain itu, melalui Baznas Solok Selatan juga menyalurkan bantuan beasiswa pendidikan dan konsumtif lansia. (Alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update