Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pemkab Harapkan Wantannas Dukung Peningkatan Akses Jalan Solsel-Dharmasraya

Kamis, 08 September 2022 | 08:24 WIB Last Updated 2022-09-08T01:24:03Z

Sekdakab Solsel, Syamsurizaldi, sambut tim Wantannas.


Padang Aro, Rakyatterkini.com - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan sambut kedatangan rombongan Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) RI Sekretaris Jenderal dipimpin Mayjen TNI Syachriyal E Siregar.


Dalam kunjungan tersebut, juga digelar kegiatan bertajuk Forum Group Discussion (FGD) bersama narasumber tim Wantannas RI digelar di Aula Sarantau Sasurambi, Rabu (7/9/2022).


Bupati Solok Selatan, diwakili Sekdakab, Syamsurizaldi menyampaikan informasi kondisi Solok Selatan secara umum, baik dari segi potensi daerah maupun kolaborasi pemerintah kabupaten dengan PT Supreme Energy sebagai perusahaan pensuplay energi terbarukan.


Selain itu, konektivitas Solok Selatan dengan daerah penyangga sekitar seperti dengan Kabupaten Dharmasraya dan Kerinci perlu menjadi perhatian. Dimana dengan konektivitas yang lancar akan membuka berbagai peluang bagi Solok Selatan ke depan.


"Kami atas nama pemerintah dan masyarakat Solok Selatan bersama PT Supreme Energy, atas kajian tim Wantannas nantinya, proses pembangunan (konektivitas jalan Solok Selatan – Dharmasraya) ini dapat menjadi perhatian dan diusulkan di tingkat pusat, "harap Sekdakab.


Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda, mengharapkan Tim Wantannas untuk dapat memprioritaskan konektivitas jalan Solok Selatan menuju Dharmasraya.


"Akses masuk dan keluar ke Solsel hanya satu jalur, untuk itu kami berharap dengan kehadiran rombongan tim Watannas mampu untuk mewujudkan akses jalan sepanjang 60 kilometer dari Solsel menuju Dharmasraya," kata Zigo. 


Menyinggung ketahanan nasional, Zigo mengatakan ketahanan nasional tidak hanya ketahanan dalam bidang militer saja, tetapi ketahanan bidang politik dan ekonomi juga sangat penting.


Sementara itu, Mayjen TNI Syachriyal E Siregar dalam pemaparannya turut menyampaikan peran Lembaga Wantannas yang berperan membuat kajian untuk diberikan kepada Presiden Republik Indonesia sebagai Ketua Wantannas.


Wantannas merupakan lembaga pemerintah non kementerian yang bertanggung jawab langsung kepada presiden, yang bertugas membuat rumusan rancangan kebijakan terkait tiga hal, yaitu pembinaan ketahanan nasional, upaya pembinaan keselamatan dan kedaulatan ketahanan negara dan tentang resiko pembangunan.


Kedatangan ke Solok Selatan upaya melakukan kajian terkait ketahanan energi dan upaya revitalisasi ketahanan nasional dan pelestarian lingkungan alam.


Selain itu, bagaimana pemerintah daerah bisa mencari solusi bersama untuk mengatasi kendala birokrasi dan isu-isu sosial. Solusi tersebut setidaknya dapat menjadi role model, tidak hanya di Sumatera Barat namun juga untuk daerah lainnya di Indonesia.


Informasi dari PT Supreme Energy menyebut, sejak melakukan eksplorasi sejak 2008 lalu, atas izin usaha pertambangan, baru bisa berproduksi pada tahun 2019. Dimana hasil produksi listrik mensuply PT PLN selalu full load.


Untuk itu, atas sinergisitas dengan pemerintah daerah dan didukung masyarakat, dapat segera dilakukan akselerasi atau percepatan eksplorasi panas bumi selanjutnya di Solok Selatan.


Data dari Dewan Energy Nasional menyebut penggunaan energy terbarukan di Indonesia baru sebesar 5 persen, untuk itu perlu dilakukan revitalisasi sumber energy terbarukan dengan keterlibatan kelompok-kelompok masyarakat. (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update