Notification

×

Iklan

MenPAN-RB Azwar Anas Sebut MPP Sawahlunto Sebagai Realisasi Reformasi Birokrasi

Selasa, 27 September 2022 | 09:09 WIB Last Updated 2022-09-27T02:09:59Z

MenPan RB, Abdullah Azwar Anas, bersama Wako Sawahlunto, Deri Asta dan Gubernur Sumbar, Mahyeldi.


Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (MenPan RB), Abdullah Azwar Anas mengapresiasi langkah-langkah reformasi birokrasi yang dilakukan Pemko Sawahlunto, Sumatera Barat, diantaranya melalui Mal Pelayanan Publik (MPP).


"Kami melihat niat Pemko Sawahlunto untuk reformasi birokrasi sudah direalisasikan melalui MPP ini. Kita tidak bisa hanya sampai di sini, artinya diperlukan komitmen dalam melanjutkan pelayanan di MPP ini, juga masih bisa ditingkatkan dari segi jenis pelayanan maupun inovasi sarana dan prasarana," kata MenPAN-RB Azwar Anas ketika meresmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Sawahlunto, Senin 26 September 2022.


Dikatakan, reformasi birokrasi sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo, salah satu poinnya adalah  bagaimana menciptakan pelayanan yang efektif dan efisien bagi masyarakat, dimana Mal Pelayanan Publik menjadi bagian dari pelaksanaan arahan tersebut.


Ia juga mengapresiasi Mal Pelayanan Publik Kota Sawahlunto yang diintegrasikan dengan pasar Songket. 


"MPP Sawahlunto ada keunikannya, yaitu dikolaborasikan dengan produk lokal daerah dari pelaku Usaha Mikro Kecil (UKM) yaitu Songket Silungkang. Sehingga MPP telah turut berperan memfasilitasi dan mempromosikan pemasaran Songket Silungkang, kami mengapresiasi hal ini jadi silahkan dipertahankan keunikan tersebut," harap MenPAN-RB Azwar Anas.


Kemudian Deputi Pelayanan Publik KemenPAN-RB Diah Natalisa mengatakan untuk menjaga mutu pelayanan di MPP maka perlu secara berkala diberikan kegiatan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari para petugas yang menjaga gerai-gerai pelayanan.


Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan terima kasih atas kesediaan MenPAN-RB Azwar Anas untuk datang langsung meresmikan MPP Kota Sawahlunto.


Bagi Pemkot Sawahlunto penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik ini merupakan prioritas sebab termasuk dalam visi misi yaitu mewujudkan kota berbasis smart city (kota pintar) dan peningkatan kualitas pelayanan publik dan daya tarik investor, juga tersedianya infrastruktur publik yang merata dan memadai.


Meurutnya dengan kehadiran MPP ini  masyarakat bisa menikmati mengurus pelayanan itu cukup di satu tempat, tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya transportasi untuk berpindah dari satu kantor ke kantor lainnya. 


"Ada 25 gerai pelayanan yang terselenggara di MPP ini, sementara untuk perizinan ada 219 jenis," ujar Wali Kota Deri 


Kepala Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMTSP-Naker) Kota Sawahlunto, Dwi Darmawati mengatakan Mall Pelayanan Publik itu menggunakan bangunan eks pasar Songket Silungkang di Simpang Muaro Kalaban dengan luas lantai dasar 1.300 M2.


Sedangkan untuk 25 gerai yang sudah mulai beroperasi saat ini di Mall Pelayanan Publik itu dirinci Dwi Darmawati adalah, gerai DPMTSP-Naker, gerai SAMSAT, gerai Bank Nagari, gerai Pajak Pratama, gerai BPJS Ketenagakerjaan, gerai BPJS Kesehatan, gerai Disdukcapil, gerai Polres, Gerai BNN, gerai Imigrasi, gerai Taspen, gerai Kejaksaan, gerai Kemenag.


Kemudian gerai PT. POS, gerai PLN, gerai BPKAD, gerai PDAM, gerai PPID, gerai BPN, gerai LPSE, pusat informasi pariwisata, pusat informasi warisan dunia dan layanan notaris serta PPAT, ujar Darmawati merinci.


Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menyampaikan selamat kepada Pemkot dan masyarakat Sawahlunto atas telah berfungsinya MPP tersebut.


MPP Kota Sawahlunto adalah MPP kelima yang berdiri di Provinsi Sumatera Barat. Sementara bagi MenPAN-RB Azwar Anas, MPP Sawahlunto menjadi MPP pertama yang diresmikannya semenjak dilantik menjadi MenPAN-RB. (ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update