Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pupuk Subsidi Langka, Walinagari Erwil Tetap Bertanam Cabai di Sutera

Selasa, 27 September 2022 | 11:00 WIB Last Updated 2022-09-28T02:11:27Z

Lahan cabai milik Walinagari Erwil di Kecamatan Sutera, Pessel.
 

Painan, Rakyatterkini.com - Dua periode menjabat jadi Walinagari Koto Nan Tigo Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Erwil berupaya dan berusaha menanam cabai 1,5 hektare.


Di samping menjalani dan mengayomi masyarakat di nagarinya, Erwil juga menanam cabai. Meski, keadaan sekarang, membeli pupuk sangat mahal, namun tak menyurutkan semanga orang nomor satu di Nagari Koto Nan Tigo Utara Surantih itu.


"Kita tetap semangat menjalani usaha bertani, yang tidak asing lagi dimana usaha ini adalah peninggalan dari nenek moyang kita dulu," sebut Erwil kepada Rakyatterkini.com, Selasa (27/9/2022).


Kata dia lagi, semoga kegiatan tersebut dapat pula memotivasi bagi petani, dan PPL guna meningkatan produktivitas dan produksi pertanian. Dengan begitu, Insya Allah, bisa mengejutkan daerah ini maju dan terwujud.


Langkah menanam cabai ini, juga peningkatan kapasitas hasil pertanian di nagari. Diharapkan, mampu meningkatkan produktivitas pertanian, terutama sekali pada lahan yang memiliki jaringan atau lahan terjamin. 


Selanjutnya, untuk menjamin ketersediaan stok pangan, Erwil meminta agar petani menyisihkan sebagian hasil produksi pertanian, untuk dikonsumsi keluarga.


"Bertanam cabai ini banyak manfaatnya bagi petani. Selain untuk mengurangi serangan hama, juga dapat meringankan biaya produksi yang dikeluarkan oleh petani. Dan, tentunya dapat meningkatkan produksi pertanian," sebutnya lagi.


Kepala Dinas Pertanian Pesisir Selatan, Mardianto, mengemukakan, akan segera melakukan peninjauan terhadap lahan pertanian cabai walinagari itu. 


"Insya Allah, segera akan kita cek ke sana," tegas Mardianto. (Baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update