Notification

×

Iklan

Kodim 0309/Solok Launching Rumah dan Outlet Jamur Tiram

Rabu, 14 September 2022 | 18:18 WIB Last Updated 2022-09-14T11:18:45Z

 Dandim 0309 Solok, Letkol Arm Hendrik Setiawan saat launching rumah tiram.

Solok, Rakyatterkini.com - Berkat ketekunan, keuletan serta kerja keras Kodim 0309/Solok di bawah komando Letkol Arm Hendrik Setiawan, Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif (P3MP) mulai menampakan hasil nyata. 


Itu ditandai dengan diluncurkan secara resmi rumah dan outlet jamur tiram, Rabu 14 September 2022.


Ini merupakan program unggulan P3MP (Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif) di wilayah Kodim 0309 Solok.


Launching rumah dan outlet tiram, dihadiri Wakapolres Solok Kota Kompol Joni Darmawan, Kepala Dinas Ketahanan Pertanian Kab Solok Kenedy, perwakilan Kajari Solok, LKAAM dan Bundo Kanduang serta undangan lainnya.


Letkol Hendrik mengajak rombongan melihat secara langsung proses budidaya jamur mulai dari pembibitan F0, F1 dan F1, hingga pembuatan baglog (media tanam), rumah jamur, sampai produksi.


Dikatakan, budidaya jamur tiram itu telah nyata memberikan hasil bagi para prajurit di wilayah Kodim setempat, terlebih bagi mereka yang tidak segan-segan untuk terjun langsung sebagai ujung tombak pelaksana.


Dikatakan Dandim itu tidak hanya bagi internal Kodim, manfaat dari program ini pun juga dirasakan oleh masyarakat, dalam membuka peluang/lapangan kerja. 


Program ini baru berjalan dan memperkerjakan 3 tenaga kerja dari masyarakat sipil. Ke depan mungkin akan lebih banyak lagi, melihat potensi perkembangannya, kata Dandim .


Menurut Dandim ini adalah berkat kerja keras dan keuletan para prajuri. Saban hari baglog yang berbahan dasar serbuk sisa gergaji kayu yang dicampur beberapa zat dan nutrisi penopang pertumbuhan jamur itu, mengeluarkan kiloan jamur-jamur segar yang siap diolah maupun ditukar dengan lembaran rupiah.


Beliau berharap agar kegiatan ini mampu menjadi motivasi dan inspirasi bagi masyarakat luas, untuk terus melihat peluang-peluang usaha yang terkadang tampak sepele, namun menjanjikan.


Ia berharap kepada pemerintah daerah, memberikan support, agar tujuan program bisa terwujud sesuai dengan harapan karena P3MP sendiri merupakan program gagasan dari Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja Brigadir Jenderal TNI Purmanto, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan prajurit serta masyarakat binaan melalui pemberdayaan sekaligus sebagai wujud manunggalan TNI dan rakyat. 


Kepala Dinas Pertanian Kab Solok, Kenedy Hamzah meng apresiasi dan menyambut baik program unggulan P3MP Kodim 0309/Solok ini. Nantinya Pemkab Solok melalui Dinas Pertanian akan ikut mengembangkannya sebagai salah satu pendapatan alternatif bagi masyarakat.


Menurutnya, berkaca dari yang telah dilaksanakan Kodim, usaha ini merupakan pekerjaan yang tidak begitu sulit, namun bisa menghasilkan rupiah yang cukup menggiurkan.


"Kita akan melakukan kerjasama dengan Kodim 0309/Solok untuk memberikan presentasi, atau edukasi kepada masyarakat terkait budidaya jamur tiram, "ujarnya.


Di outlet jamur tiram ini, disediakan berbagai macam olahan makanan berbahan dasar jamur seperti rendang, pepes, bakso, bakwan, tahu isi, pempek, serta cemilan jamur crispy. (dd)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update