Notification

×

Iklan

Bupati Tanah Datar Terima Penghargaan dari Menkeu RI Sri Mulyani

Kamis, 22 September 2022 | 17:45 WIB Last Updated 2022-09-23T01:01:08Z

Bupati Eka Putra terima penghargaan dari Kemenkeu RI.

Jakarta, Rakyatterkini.com - Capaian yang membanggakan dari laporan keuangan Pemkab Tanah Datar, dimana 10 kali berturut-turut terima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pelaporan keuangan pemerintah daerah, membuat Bupati Eka Putra, SE. MM., menerima penghargaan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, pada acara Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022, Kamis (22/9/2022) di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Jakarta. 


Kabupaten Tanah Datar juga merupakan satu-satunya kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Barat, yang mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Selain itu, Provinsi Sumatera Barat juga menerima penghargaan yang sama dan juga langsung diterima oleh Gubernur Mahyeldi Ansharullah. 


“Alhamdulillah, kita mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan RI yang diserahkan langsung oleh Menkeu Sri Mulyani, dan terima kasih kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah mampu menpertahankan pelaporan keuangan, sehingga kita WTP 10 kali berturut-turut dan mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan,” ucapnya. 


Dikatakan Bupati Eka Putra, pemerintah daerah akan terus berupaya mempertahankan WTP dan berharap kerjasama OPD untuk mendukung ini. Walau berat, namun itulah upaya pemerintah daerah, agar selalu tertib dalam pelaporan keuangan. 


“Sekarang ini, kita sudah yang ke-11 kali menerima opini WTP, bagaimana ini ke depan terus berlanjut untuk seterusnya. Ibu Sri Mulyani berpesan, selamat untuk Kabupaten Tanah Datar, pertahankan dan jangan berpuas diri dulu,” ucapnya sembari menyampaikan pesan Menteri Keuangan RI tersebut. 


Bupati Eka Putra juga mengemukakan, rasa bangga bisa menerima langsung penghargaan tersebut, karena di Sumatera Barat hanya satu dari 19 kabupaten dan kota dan di Indonesia hanya 38 kabupaten yang langsung diundang menerima penghargaan selain kota. 


Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Rakor yang bertemakan, “Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat tersebut", menyampaikan ucapan selamat kepada Kementerian, Lembaga, Pemerintahan Provinsi, Kabupaten dan Kota atas pencapaian WTP minimal 5 kali, 10 kali dan 15 kali berturut-turut. 


“Rakernas ini juga bertujuan memberikan apresiasi atas capaian WTP, mewujudkan penguatan kualitas dan akuntabilitas keuangan dan kinerja pemerintah, meningkatkan awareness dan menjaga komitmen serta kesamaan langkah dalam percepatan pemulihan dan kebangkitan ekonomi nasional,” ucapnya. 


Sri Mulyani menyebutkan pencapaian WTP tersebut tidak semata-mata dari hasil audit BPK saja, namun bagaimana APBN dan APBD itu bermanfaat instrumen keuangan pusat dan daerah, dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh bangsa dan negara Indonesia. 


Disadari Sri Mulyani, jika keuangan negara pusat dan daerah dua tahun belakangan ini masih menjadi andalan dalam hal penanganan Covid-19, dan itu sangat ekstra ordinery dan tidak biasa serta sangat kritis, namun masih mengedepankan azas akuntabilitas. (Rel/Farid) 



IKLAN



×
Berita Terbaru Update