Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis 29 September 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bupati Pessel Sampaikan Kuliah Umum pada Wisuda UNP

Kamis, 22 September 2022 | 15:35 WIB Last Updated 2022-09-22T08:35:36Z

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar.

Painan, Rakyatterkini.com – Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar didaulat memberikan kuliah umum pada wisuda ke-128 tahun 2022 Universitas Negeri Padang (UNP).


Rektor UNP Prof. Ganefri mengungkapkan Rusma Yul Anwar merupakan salah satu alumni yang sukses menjadi kepala daerah. Dalam visi-misinya ia menjadikan peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai program prioritas melalui bidang pendidikan. 


"Kami atas nama pribadi dan universitas mengapresiasi kesediaan Bupati Rusma Yul Anwar memberikan kuliah umum di wisuda kali ini," ungkap rektor dalam sambutannya. 


Dalam kuliah umumnya Bupati Rusma Yul Anwar didapuk memberikan materi Model Kebijakan Pembangunan Pendidikan Studi Kasus di Pesisir Selatan.


Wisuda yang digelar di Auditorium UNP itu dihadiri segenap civitas, akademika, para undangan dan 3.553 orang tua wisudawan/wisudawati, undangan. 


Kegiatan yang berlangsung tiga hari mulai 21 September-23-September dengan mengundang orang tua peserta itu adalah pertamakali dilakukan sejak pandemi Covid-19. 


Rektor melanjutkan visi-misi yang diusung Bupati Rusma Yul Anwar sejalan dengan tujuan pendidikan dan kemerdekaan Indonesia, yakni turut mencerdaskan kehidupan bangsa. 


Para pendiri bangsa menyadari pendidikan berperan penting dalam memajukan suatu bangsa maupun kelompok, karena itu  pendidikan harus menjadi salah satu tujuan utama kemerdekaan. 


Karena itu rektor berharap wisudawan dan wisudawati UNP tetap menjaga nama baik dan nama kampus. "Tetaplah berkontribusi terbaik di tengah masyarakat," tegas rektor. 


Pada kesempatan itu Bupati Rusma Yul Anwar dalam orasinya menyampaikan merasa bangga sebagai alumni UNP dan tenaga pendidik, bahkan tergambar dalam visi-misi yang diusungnya. 


Menurutnya pembangunan kualitas sumber daya manusia generasi penerus merupakan sesuatu yang mutlak dilakukan sejak dini, bahkan investasi bidang pendidikan adalah investasi paling hakiki. 


Masyarakat tidak hanya sebagai subjek pembangunan, tapi sekaligus sebagai objek. Generasi penerus mesti dipersiapkan untuk mewarisi mengelola besarnya potensi daerah. 


Mereka harus berdaulat dengan anugerah dan limpahan kekayaan alam yang diberikan Sang Pencipta. "Jangan sampai generasi penerus menjadi penonton atau tamu di rumahnya sendiri," tutur bupati. 


Anak-anak bangsa harus menjadi generasi yang memiliki solusi, mampu menyelesaikan masalah sendiri. Memiliki karakter, sesuai dengan budaya dan falsafah bangsa. 


Menerapkan nilai nilai keagamaan, kejujuran, toleransi, kreatif, mandiri, semangat kebangsaan, peduli sosial dan bertanggung jawab.


Pesisir Selatan kini mempunyai program 'Nagari Bersekolah', dengan melibatkan semua elemen masyarakat, sehingga dapat menggali dan mengembangkan potensi masing-masing peserta didik. 


Bupati berharap, UNP menyambut baik dan  dapat memudahkan upaya pendidikan yang dilakukan di Kabupaten Pesisir Selatan, sebut Alumnus UNP 1986 itu.


Berdasarkan riset yang dilakukan, sejak dua tahun terakhir terjadi perubahan signifikan terhadap semangat belajar guru di daerah berjuluk 'Negeri Sejuta Pesona' itu. 


"Nomor dua di Sumatera Barat setelah Kota Padang. Ternyata bupatinya dari guru. Kami sangat apresiasi itu," ujar Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan, Iwan Syahril. (baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update