Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis 29 September 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bundo Kanduang Wujudkan Kearifan Lokal dalam Iven Rang Solok Baralek Gadang

Kamis, 22 September 2022 | 08:07 WIB Last Updated 2022-09-22T01:07:11Z

Ketua Bundo Kanduang dan Ketua LKAAM Kota Solok di lokasi Rang Solok Baralek Gadang.


Solok, Rakyatterkini.com - Peranan Bundo Kanduang sebagai Limpapeh Rumah Gadang, di tengah kehidupan masyarakat semakin terasa.


Itu tidak terlepas dari fungsi Bundo Kanduang dalam  membentengi anak-anak dan sekaligus memelihara adat dan budaya Minangkabau.


Ketua Bundo Kanduang Kota Solok, Sitta Novembera, menyukseskan agenda pemerintah iven Rang Solok Baralek Gadang, diselenggarakan dari 22-25 September 2022.


Sitta Novembra, perempuan agresif dan aktif serta cepat tanggap, dibanding pihak-pihak lain yang seharusnya punya tanggung jawab lebih atas kesuksesan iven tersebut.


Ini dilakukannya sebagai bentuk dari tanggung jawab seorang perempuan Minang untuk menjaga nama baik masyarakat adat, dan daerah kota Solok dalam peristiwa akbar yang dinamakan dengan Rang Solok Baralek Gadang, yang dulu pernah mendapatkan rekor MURI.


"Kami dari Bundo Kanduang Kota Solok terus memantau dan mengawal sejauh mana persiapannya, karena masalah adat dan budaya akan mendominasi kegiatan yang akan dilaksanakan, "ujar Sitta Novembera, di hamparan persawahan Sawah Solok Jalan Gawan Rabu 21 September 2022, yang menjadi lokasi iven Rang Solok Baralek Gadang.

 

Untuk melengkapi random event Rang Solok Baralek Gadang, Bundo Kanduang Kota Solok ini akan memasak gulai spesifik kota Solok yakni Gulai Batang Pisang dan Gulai Kerucut Belut.


Kedua masakan itu akan dicampur daun kasambi. Ini bertujuan agar mengenalkan masakan khas pada tamu yang akan datang.


Menurutnya iven Rang Solok Baralek Gadang merupakan salah satu dari 110 iven yang masuk dalam agenda kharisma iven nusantara (KEN) yang diumumkan Menteri Parekraf RI, Sandiaga Uno, pada 1 Maret 2022 lalu. (dd)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update