Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Sabtu 3 Desember 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Berprestasi di Sumbar, Ini Kontribusi BUMNag Madani pada Nagari Lubuk Malako

Jumat, 02 September 2022 | 09:54 WIB Last Updated 2022-09-02T02:54:39Z

Tim penilai foto bersama pengurus BUMNag Madani.

Padang Aro, Rakyatterkini.com – Solok Selatan kembali mendapatkan nominasi penilaian dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. 


Dimana Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Madani Lubuk Malako masuk enam besar se-Sumbar dalam kategori BUMNag berprestasi Tahun 2022.


Direktur BUMNag Madani Nagari Lubuak Malako, Abdul Khairi, menyebut saat ini mempunyai tiga unit usaha, yaitu perkebunan sawit, pengelolaan pasar Nagari Banca Kampeh dan usaha bidang trasportasi.


Dari unit usaha tersebut, BUMNag Madani mampu menghasilkan pendapatan sebesar Rp3,35 miliar pada 2021. Penyumbang pendapatan terbesar adalah usaha perkebunan sawit sebesar Rp3,6 miliar. 


Dengan lahan perkebunan sawit seluas 170 hektare lebih dan dibantu dengan 32 karyawan, telah memproduksi rata-rata 1.560 ton sawit per tahun.


Usaha transportasi juga telah mampu menyumbang pendapatan BUMNag sebesar Rp62,73 juta. Saat ini telah memiliki 3 unit kendaraan antara lain micro bus, ambulance, dan truk canter. Selain untuk tujuan keuntungan, mobil ambulan siap melayani masyarakat Nagari Lubuk Malako secara gratis. 


Terkait pengelolaan Pasar Nagari Lubuk Malako, dengan memungut retribusi pasar berupa jasa kebersihan, dan kontrak los/kios pasar dan parkir, dengan sembilan karyawan, juga mampu meraup pendapatan rata-rata Rp90 juta per tahun.


Tak hanya menjalankan usaha profit oriented, BUMNag Madani Lubuk Malako juga berkontribusi besar dalam pembangunan nagari. 


Beberapa kontribusi BUMNag Madani untuk nagari ada pada dua sektor yang saat ini jadi perhatian adalah sektor infrastruktur dan sektor pendidikan.


Pembangunan infrastruktur nagari antara lain rehabilitasi rumah gadang suku, pembangunan jalan, irigasi, dan kantor, pembelian lahan untuk TPU seluas 1 hektare, bantuan pembangunan masjid dan mushola setiap tahun, pembelian lahan untuk Rumah Sakit Pratama Solok Selatan.


Untuk bidang pendidikan, BUMNag Madani secara aktif memberikan bantuan pendidikan berupa beasiswa untuk siswa berprestasi dan kurang mampu, antara lain subsidi SPP untuk siswa MA Swasta Lubuk Malako sebesar Rp75 ribu/bulan.


Reward untuk siswa Tahfidz sebesar Rp1 juta/juz, subsidi SPP mahasiswa Kampus PSDKU PNP Solok Selatan sebesar Rp250 ribu/mahasiswa per semester, pembelian lahan untuk pembangunan Kampus AK Solok Selatan seluas 1,5 hektare.


Mengingat peran dan kontribusi BUMNag Madani untuk Nagari Lubuk Malako, diharapkan mampu untuk mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat dan Nagari Lubuk Malako Tahun 2025 sesuai dengan visinya.


Ditetapkannya BUMNag Madani Nagari Lubuk Malako sebagai enam besar BUMNag Berprestasi Sumatera Barat 2022, Kamis (1/9/2022), tim penilai provinsi mendatangi Nagari Lubuk Malako untuk melakukan penilaian dan melihat secara langsung BUMNag Madani.


Tim penilai yang diketuai oleh Amriman M, didampingi bupati Solok Selatan, diwakili Sekdakab, Syamsurizaldi, kepala OPD, camat, wali nagari, forkopimda dan tokoh masyarakat. (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update