Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 7 November 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Beragam Permainan Anak Nagari Suguhi Iven Rang Solok Baralek Gadang

Sabtu, 24 September 2022 | 19:45 WIB Last Updated 2022-09-26T00:44:59Z

Permainan anak nagari yang ikut memeriahkan iven Rang Solok Baralek Gadang Kota Solok.
 

Kota Solok, Rakyatterkini.com - Memasuki hari ketiga Iven Rang Solok Baralek Gadang (RSBG) di Kota Solok, diawali dengan kegiatan gowes yang diikuti oleh ribuan pecandu sepeda yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Sumbar - Riau. 


Selain itu, juga pagelaran Silek Basilumuh, Urang-urang Sawah, Batuang Gilo serta Worshop Layang-layang yang diikuti siswa/siswi SD - SMA se Kota Solok. Acara tersebut, berlangsung di Areal Persawahan Sawah Solok yang menjadi Lokasi Rang Solok Baralek Gadang, Sabtu 24 September 2022.


Di hari ketiga ini, iven tersebut menampilkan permainan anak nagari seperti Silek Basikumuah, yaitu silek dalam sawah yang sudah lama dilakukan oleh para nenek moyang terdahulu, terutama ketika usai musim panen. Silek ini dimainkan oleh seluruh sasaran yang ada di kota itu.


Di samping itu, juga ditampilkan Batuang Gilo yang diikuti oleh elemen masyarakat seperti pemuda, dan bundo kanduang. Terlihat Wakil Walikota Solok Dr. H. Ramadhani Kirana Putra didampingi Ketua KNPI Kota Solok dan Lurah Sinapa Piliang, turut mengikuti permainan Batuang Gilo ini.


Kemudian, juga digelar permainan Urang-urang Sawah, merupakan replika manusia yang dipakaikan  baju tradisional galembong yang biasa dipakai oleh petani. Atau baju silek yang diletakkan di tengah-tengah sawah yang digunakan untuk menakut-nakuti burung atau binatang hama lainya, ketika padi masak. Permainan itu dilakukan oleh urang Solok ketika panen sudah tiba di sawah.


Tidak saja itu, hamparan sawah dengan budaya yang masih hidup di tengah masyarakat, menjadi keunikan tersendiri bagi Kota Solok. Pemandangan pertanian menghampar di tengah pemukiman dan perkantoran. Kondisi inilah yang dirayakan melalui iven RSBG.


Selanjutnya, siang menjelang sore di hamparan sawah Solok juga digelar festival yang diikuti seluruh sasaran silek yang ada. Ini dihadiri Ketua LKAAM Sumatera Barat, H. Fauzi Bahar, yang nampak didampingi Walikota Solok, H. Zul Elfian Umar, Forkopimda, Tuo Silek Kota Solok.


Ketua LKAAM Sumbar, Fauzi Bahar Datuak Nan Sati mengapresiasi, iven Rang Solok Baralek Gadang ini, agar dapat dilaksanakan oleh Pemko Solok di bawah kepemimpinan Walikota H. Zul Elfian Umar - Wakil Walikota, Dr. H. Ramadhani Kirana yang telah mengangkat kembali tradisi-tradisi adat dan budaya, yang ada.


Ia menyambut baik kegiatan ini berjalan secara rutin dan berkelanjutan. Lantaran akan berpengaruh serta  menanamkan kepada generasi penerus, untuk selalu menjaga tradisi-tradisi leluhur, terlebih tradisi silek perlu dilestarikan dan diimbau generasi muda harus pandai mengaji dan bersilat.


"Dan, jangan sampai hilang dimakan zaman," tutur Mantan Walikota Padang itu.


Sementara Walikota Solok, H. Zul Elfian Umar  menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua LKAAM Sumbar, H. Fauzi Bahar Datuk Nan Sati yang telah berkesempatan hadir pada momen ini. Katanya, ini merupakan perhelatan masyarakat Kota Solok, dalam mengungkapkan rasa syukur mereka terhadap hasil panen yang melimpah.  


Event ini bahkan berhasil masuk dalam program pengembangan potensi wisata oleh Kemenparekraf, Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022. Berbagai kegiatan dilaksanakan hari ini.


"Insy Allah, besok iven Rang Solok Baralek Gadang akan berakhir dengan pawai budaya dan makan baronjin," pungkas Zul Elfian Umar. (dd)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update