Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis 29 September 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Batulak Bala dan Tari Garik Sawah Meriahkan Pembukaan Rang Solok Baralek Gadang

Jumat, 23 September 2022 | 07:56 WIB Last Updated 2022-09-23T00:56:18Z

Prosesi batulak bala pada pembukaan Event Rang Solok Baralek Gadang.


Solok, Rakyatterkini.com - Pemko Solok bersama Pemprov Sumatera Barat serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, melalui Kharisma Event Nusantara 2022, menggelar event Rang Solok Baralek Gadang. 


Pembukaan event budaya kebanggaan masyarakat Kota Solok itu diawali dengan prosesi Batulak Bala. Tradisi batulak bala merupakan ritual adat turun temurun yang masih bertahan di Kota Solok.


Tradisi ini dilakukan sebelum masuk musim tanam, nantinya dalam tradisi tersebut ratusan petani dan masyarakat akan turun ke sawah dengan lantunan zikir serta doa-doa dengan  tujuannya agar tanaman masyarakat selamat dari hama penyakit serta membuahkan hasil yang melimpah. 


Prosesi batulak bala tersebut diikuti ninik mamak, alim ulama, bundo kanduang yang dipimpin Ketua LKAAM Kota Solok, Rusli Kathib Sulaiman, berjalan di atas pematang sawah hamparan sawah Solok, Kamis 22 September 2022.


Ketua pelaksana, Jefrizal, yang juga Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemko Solok itu mengatakan Event Rang Solok Baralek Gadang adalah event kebudayan yang terpilih dalam Kharisma Event Nusantara.


Selama perhelatan  berlangsung, masyarakat dan wisatawan akan  disuguhi dengan berbagai antraksi permainan anak nagari. Selain itu, Rang Solok Baralek Gadang akan menjadi pesta rakyat dengan beragam penampilan kegiatan seni tradisi hingga bazar UMKM.


Pengunjung akan dihibur dengan penampilan kesenian daerah, seperti tari hingga randai yang pelaksanaanya dilakukan pada sore dan malam hari. Selanjutnya, kemeriahan Rang Solok Baralek Gadang akan ditutup dengan pawai budaya dan makan baronjin.


Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, menyampaikan ucapan terimakasih atas kedatangan seluruh tamu undangan yang menyempatkan hadir pada event Rang Solok Baralek Gadang ini.


Pembukaan Event Rang Solok Baralek Gadang dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, diwakili Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan, Rizki Handayani, wakil gubernur Audy Joenaldi, kepala daerah se-Sumatera Barat, forkompinda, masyarakat dan undangan lainnya.


Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan, Rizki Handayani, turut mengenakan baju kuruang basiba batikuluak, menyampaikan apresiasi dan mendukung penuh Pemko Solok atas terlaksananya Event Rang Solok Baralek Gadang.


Beliau juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemko Solok yang telah berhasil masuk dalam 100 besar Kharisma Event Nusantara tahun 2022.


Dikatakan tidak mudah untuk bisa masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) tersebut.


Menurutnya, Event Rang Solok Baralek Gadang ini memiliki keunikannya sendiri, sehingga berhasil masuk kedalam 100 besar KEN, yang mana Kota Solok salah satu daerah penghasil beras terbaik di Indonesia dan lebih uniknya lagi event ini pelaksanaannya juga dilaksanakan di hamparan sawah solok, ungkap Rizki Handayani.


Ada empat hal yang harus terpenuhi dalam pelaksanaan kegiatan ini yaitu education, entertainment, empowerement, dan engagement. 


Berharap ke depannya konsep dan konten acara semakin berkembang dan mengangkat kearifan lokal, serta berdampak baik bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Solok.


Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, menyampaikan apresiasi kepada Pemko Solok atas terselenggaranya event ini. Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Sumatera Barat.


Sebab Event Rang Solok Baralek Gadang adalah event unik yang bisa disebut sebagai event MEWAH (Mepet Sawah). Ini satu-satunya event yang dilaksanakan di sawah, namun demikian masih banyak yang perlu disempurnakan, semoga ke depannnya lebih baik dari tahun ini, kata wagub. (dd)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update