Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis 29 September 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Departemen Fisika UNP Gelar Seminar Internasional ICRLP 2022

Jumat, 23 September 2022 | 09:58 WIB Last Updated 2022-09-23T02:58:08Z

Seminar internasional di UNP.

Painan, Rakyatterkini.com – Departemen Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Padang (UNP) menyelenggarakan seminar internasional "The 5th International Conference on Research And Learning of Physics (ICRLP)".


Ketua Umum ICRLP 2022, Pakhrur Razi mengatakan, kegiatan tersebut digelar selama dua hari yaitu sejak 21 hingga 22 September 2022. 


Kegiatan itu dilaksanakan secara hybrid dengan tatap muka berlangsung di UNP Hotel and Convention Center serta secara online melalui zoom meeting.


Pakhrur Razi menjelaskan kegiatan ICRLP tahun ini mengusung tema "The Strategic Role of Physics and Physics Education Research in Supporting Sustainable Development Goals” atau Peran Strategis Penelitian Pendidikan Fisika dan Fisika dalam Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan


Dikatakan, pelaksanaan ICRLP bersamaan dengan kegiatan konferensi internasional "The 12th  International Conference Theoritical and Applied Physics (ICTAP)".


ICRLP bertujuan untuk menyediakan platform bagi akademisi, peneliti, profesional, praktisi, pengamat, guru dan siswa untuk mempresentasikan penelitian mereka saat ini dalam bidang fisika dan pembelajaran fisika.


Mengenai jumlah peserta dalam seminar internasional ini, kata Pakhrur Razi, mencapai 460 orang baik yang hadir secara offline maupun online. Peserta ini berasal dari dosen, guru, praktisi, mahasiswa (S1, S2, S3) dan pemerhati pendidikan.


"Jumlah keseluruhan ada 460 orang baik yang didalam dan luar negeri. 8 keynote speaker, 155 orang adalah presenter (penampil) dan selebihnya participant," terang Pakhrur Razi 


Ia memaparkan terdapat delapan narasumber utama dalam ICRLP 2022 ini yang berasal dari latar belakang negara dan bidang kajian yang berbeda-beda.


Kedelapan narasumber itu adalah Assoc Prof Pakhrur Razi SPd MSi PhD (Universitas Negeri Padang, Indonesia), Prof Yongsup Park PhD (Kyung Hee University), Prof Dr rec nat Abdul Haris (Universitas Indonesia) dan Assoc Prof Dr Rose Amnah Abd Rauf (University Malaya, Malaysia).


Kemudian, Assoc Prof Dr Faridah Lisa Supian (Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia), Dr Suko Adi Prayitno MSi (Deputi Bidang Geofisika BMKG), Christina Widiwijayanti PhD (Nanyang University, Singapura) dan Jeffery A G Oalman, PhD (University Tasmania, Australia).


Sementara itu, Dekan FMIPA UNP Dr Yulkifli mengapresiasi gelaran ICRLP 2022 ini. Ia berharap, ICRLP terus terselenggara untuk seri selanjutnya.

 

Yulkifli berharap untuk gelaran ICRLP tahun berikutnya sudah bisa digelar secara offline. Terutama untuk keynote speaker dan peserta di dalam negeri. (baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update