Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis 29 September 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Ayo! ke Solok, Nikmati Wisata Alam dan Kulinernya

Kamis, 15 September 2022 | 17:13 WIB Last Updated 2022-09-15T10:13:42Z

Ilustrasi.


Solok, Rakyatterkini.com  -  Kota Solok merupakan salah satu dari 19 kabupaten/kota di Sumbar, yang terkenal dengan Bareh Solok.


Walaupun saat ini kota Solok sudah menjadi kota urban, namun sebagian wilayahnya masih bertahan dengan areal persawahan, dimana lanscape pertanian menghampar diantara pemukiman dan perkantoran yang menjadi keunikan tersendiri bagi pengunjung yang datang ke Kota Solok.


Melalui iven Rang Solok Baralek Gadang, nantinya diharapkan mampu menggenjot wisata ekonomi kreatif berbasis ketahanan pangan. 


Untuk tahun ini Kota Solok kembali menggelar acara tahunan Rang Solok Baralek Gadang setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19. Iven budaya tersebut akan digelar dari 22-25 September 2022 mendatang di sejumlah lokasi di daerah serambi madinah itu.


Itu disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kota Solok, Happy Darmawan, didampingi Kabid IKP Alwa Dudi, Rabu 14 September 2022.


Iven tersebut akan diisi dengan baragam pagelaran seni tradisi dan permainan anak nagari serta budaya dan aneka kuliner khas Kota Solok, seperti batulak bala, sebuah tradisi jelang masuknya musim tanam di hamparan Sawah Solok. 


Selain itu, juga ada sejumlah permainan anak nagari seperti pacu upiah, pacu belut, tarik tambang balunau, sipak rago, dan basikakeh roda basi, serta festival silek dan festival alang-alang, bazar kuliner hingga pameran UMKM.


Acara puncak Rang Solok Baralek Gadang akan ditutup dengan pawai budaya dan makan baronjin, dengan harapan nantinya iven ini mampu meningkatkan kunjungan wisatawan lokal dan wisatawan nusantara ke Kota Solok.


Rang Solok Baralek Gadang merupakan perhelatan masyarakat Kota Solok dalam mengungkapkan rasa syukur terhadap hasil panen yang melimpah. Iven ini bahkan berhasil masuk dalam kalender iven Kemenparekraf, Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022. 


"Ayo! ke Solok nikmati alam dan budaya serta aneka kuliner kota Solok, "tutup Happy Darmawan. (dd)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update